Manfaat Ikan Deleg

Manfaat Ikan Deleg atau Ikan Gabus

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Ikan Deleg atau Ikan Gabus. Ikan deleg, yang juga dikenal dengan nama lain, ikan gabus, telah lama menjadi bagian penting dari budaya kuliner di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, selain cita rasanya yang khas, ikan ini juga menyimpan beragam manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, ikan deleg menawarkan potensi luar biasa sebagai sumber makanan yang berkualitas dan bernutrisi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam manfaat ikan deleg atau ikan gabus bagi kesehatan, serta mengungkap kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mengenai Ikan Deleg

Sebelum membahas mengenai manfaat ikan deleg, Hasiltani akan menjelaskan mengenai ikan deleg ini.

Ikan gabus (Channa striata), yang juga dikenal sebagai striped snakehead, merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang populer di Asia (Wee, 1982).

Ikan ini biasanya ditemukan di perairan tawar seperti sungai, rawa, dan kolam di Pulau Bangka.

Masyarakat Bangka sering menyebutnya dengan nama khas, yakni Ikan Deleg. Namun, apa pun namanya, ikan ini memiliki banyak manfaat.

Ikan gabus adalah predator rakus yang sangat ditakuti oleh para pembudidaya ikan. Mereka termasuk dalam kelompok karnivora yang berperan sebagai pemangsa.

Di habitat alaminya, ikan gabus tidak hanya memangsa benih ikan, tetapi juga ikan dewasa dan serangga air lainnya, termasuk kodok.

Bahkan, di Kalimantan, telah dilaporkan bahwa gabus memangsa anak bebek. Hal ini wajar mengingat di sungai dan rawa-rawa Kalimantan terdapat jenis gabus yang berukuran besar, seperti gabus toman/aruan dan sejenisnya.

Baca Juga :  Budidaya Ikan Gabus, Cara Tepat Untuk Mendapatkan Keuntungan

Selain digunakan dalam bentuk ikan segar karena memiliki daging yang tebal dan rasa yang khas, ikan gabus juga telah diolah menjadi berbagai produk, termasuk kerupuk dan pempek.

Selain itu, ikan ini juga dijadikan sebagai ikan asin dan ikan asap. Daging ikan gabus juga dimanfaatkan sebagai bahan terapi pengobatan pasca operasi (Gam et al., 2006). Menurut Bloch (1793).

Manfaat Ikan Deleg atau Gabus

Ikan gabus, sebagai jenis ikan air tawar, dikenal karena memiliki kandungan protein yang tinggi, terutama albumin. Selain itu, ikan ini juga kaya akan nutrisi lain seperti lemak, vitamin A, zat besi, fosfor, dan kalsium.

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, ikan deleg sangat baik dan bermanfaat untuk dikonsumsi.

Berikut beberapa manfaat ikan deleg bagi kesehatan:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan albumin yang tinggi dalam ikan deleg berperan penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka dengan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Oleh karena itu, ikan ini sangat dianjurkan bagi mereka yang baru saja menjalani operasi atau melahirkan.

2. Mengatasi masalah gizi buruk

Ikan gabus memiliki potensi untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah, sehingga menjadi salah satu rekomendasi makanan sehat untuk mengatasi masalah gizi buruk pada bayi, balita, anak-anak, dan ibu hamil.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Albumin dalam ikan deleg membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam sel-sel tubuh, sehingga mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan cairan.

4. Baik untuk pencernaan

Daging lembut dan empuk dari ikan deleg memudahkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Mengontrol gula darah

Protein tinggi dalam ikan gabus dapat berperan sebagai sumber antioksidan antihiperglikemik, membantu mengontrol kadar gula darah.

6. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam ikan deleg membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata.

7. Menyehatkan sirkulasi darah

Kandungan albumin dalam ikan gabus membantu menjaga sirkulasi darah dan proses pencernaan vitamin yang larut dalam lemak.

Baca Juga :  Manfaat Ikan Pindang dan Resep Masakannya

8. Pembentukan dan pertumbuhan otot

Protein dalam ikan gabus membantu dalam pembentukan dan pertumbuhan otot tubuh.

9. Berpotensi mengatasi penyakit kronis

Ikan gabus memiliki potensi sebagai pengobatan penyakit kronis karena mengandung senyawa antimikroba, antiinflamasi, dan nutrisi lain yang berperan dalam perbaikan jaringan rusak.

Nilai Kandungan Gizi Ikan Deleg atau Gabus

Setelah mengetahui manfaat ikan deleg, Hasiltani juga menjelaskan mengenai nilai kandungan dari ikan deleg atau gabus.

Menurut Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, ikan gabus seberat 100 gram memiliki kandungan nutrisi yang penting:

  • Air: 79,6 gram.
  • Kalori: 80 kkal.
  • Protein: 16,2 gram.
  • Lemak: 0,5 gram.
  • Karbohidrat: 2,6 gram.
  • Serat: 0,0 gram.
  • Kalsium: 170 mg.
  • Fosfor: 139 mg.
  • Zat besi: 0,1 mg.
  • Natrium: 65 mg.
  • Kalium: 254 mg.
  • Tembaga: 0,3 mg.
  • Seng: 0,4 mg.
  • Retinol (Vitamin A): 335 mg.
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,4 mg.
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,2 mg.
  • Niacin (Vitamin B3): 0,1 mg.

Selain itu, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Malaysian Journal of Nutrition, ikan gabus seberat 150 gram mengandung:

  • Asam lemak omega-3.
  • Lipid yang terklasifikasi termasuk fosfolipid, gliserida parsial, kolesterol, alkohol lemak, trigliserida, dan ester kolesterol.
  • Asam lemak tak jenuh ganda.
  • Asam lemak omega-6.

Kandungan nutrisi ini menjadikan ikan gabus sebagai sumber makanan yang kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Deleg secara Berlebihan

Dalam pembahasan manfaat ikan deleg, kita perlu mengetahui efek samping apabila mengkonsumsi ikan deleg atau gabus secara berlebihan.

Meskipun kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan, konsumsi ikan gabus secara berlebihan tidak disarankan. Hal ini dikarenakan ikan gabus termasuk dalam kategori ikan yang mengandung merkuri.

Tingginya asupan ikan gabus dapat meningkatkan kadar merkuri dalam tubuh, yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada organ-organ vital seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Cara Mudah Agar Induk Ikan Gabus Cepat Bertelur Kembali

Sejumlah gejala atau kondisi berikut dapat muncul jika seseorang terlalu sering mengonsumsi ikan gabus:

  1. Otot mengalami pengecilan (atrofi).
  2. Gangguan pada sistem saraf, seperti kesemutan atau mati rasa.
  3. Gangguan pada panca indera, seperti kesulitan berbicara atau mendengar.
  4. Kehilangan kendali terhadap gerakan tubuh, bahkan hingga lumpuh.
  5. Gemetaran tubuh (tremor) dan kejang.
  6. Gangguan penglihatan, seperti penglihatan ganda atau kebutaan.
  7. Depresi dan kesulitan mengontrol emosi.
  8. Gangguan memori, seperti kesulitan berkonsentrasi dan pikun.

Selain itu, jika ibu hamil mengonsumsi ikan gabus secara berlebihan, kandungan merkuri di dalamnya dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Hal ini meningkatkan risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang pada janin, seperti masalah fungsi kognitif, motorik, dan bahasa.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur konsumsi ikan gabus dengan bijak, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat ikan deleg.

Dari penyembuhan luka hingga menjaga kesehatan mata, ikan deleg atau ikan gabus telah terbukti sebagai sumber nutrisi yang tak ternilai.

Kandungan protein, vitamin, dan mineral yang melimpah membuatnya menjadi pilihan yang bijak untuk dimasukkan ke dalam menu sehari-hari.

Oleh karena itu, mari kita jadikan ikan deleg sebagai bagian penting dari pola makan kita, dan manfaatkan segala potensi kesehatan yang ditawarkannya.

Dengan begitu, kita dapat meraih kesehatan optimal dan menjaga kualitas hidup kita dengan lebih baik.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat ikan deleg ini, semoga informasi mengenai manfaat ikan deleg ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *