Manfaat Ikan Bogo

Manfaat Ikan Bogo – untuk Kesehatan dan Gizi

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Ikan Bogo – untuk Kesehatan dan Gizi. Ikan Bogo, dengan nama ilmiah Channa limbata, tidak hanya dikenal sebagai ikan predator yang tangguh di perairan Asia Tenggara dan Asia Selatan, tetapi juga menghadirkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa bagi konsumennya.

Dikenal sebagai sumber protein tinggi dan kaya akan asam amino, seng, serta mikronutrien penting lainnya, ikan ini bukan hanya menguntungkan bagi orang dewasa tetapi juga sangat disarankan untuk penderita gizi buruk.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang manfaat kesehatan yang dimiliki oleh ikan Bogo, serta bagaimana konsumsinya dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan tubuh.

Mengenai Ikan Bogo

Sebelum membahas manfaat ikan Bogo, Hasiltani akan menjelaskan mengenai ikan bogo.

Bogo (Channa limbata) adalah jenis ikan air tawar dari suku Channidae (kerabat gabus). Dahulu diklasifikasikan sebagai bagian dari spesies Channa gachua, ikan buas ini tersebar luas di Asia Tenggara hingga Indonesia.

Berukuran relatif kecil, dalam bahasa Inggris ikan ini dikenal dengan sebutan Dwarf snakehead. Dalam bahasa daerah, ikan ini dikenal sebagai gabus (Btw.), boso (bahasa Jawa Banyumasan), bogo, hejo gado (Sd.), serta bogo benguk, kutuk benguk (Jw.). Di Jawa, ada yang menyebutnya juga dengan nama kotes.

Tubuhnya berwarna kecokelatan dengan bagian atas yang lebih gelap. Terdapat coretan-coretan miring yang kabur di sisi tubuhnya, yang lebih terlihat pada spesimen muda.

Baca Juga :  Cara Grading Sortir Benih Ikan Gabus - Tips Praktis

Pada spesimen muda juga sering terdapat bintik-bintik hitam yang tersebar di seluruh badannya. Sirip-sirip dorsal, anal, dan ekornya memiliki tepi keputihan (kekuningan, atau kemerahan saat hidup), sementara bagian lainnya berwarna hitam kebiruan atau lebih pucat dengan coret-coret hitam.

Sirip pektoralnya memiliki pola lingkaran hitam di pangkalnya dan warna putih (kuning) di bagian luarnya.

Fakta Ikan Bogo

Dalam pembahasan manfaat ikan Bogo, Hasiltani juga membahas fakta mengenai ikan bogo.

Salah satu yang unik dari ikan ini adalah kemampuannya untuk berjalan di daratan. Hal ini bisa membuat banyak orang terkejut, merasa takut atau jijik, dan mempertimbangkan dua kali sebelum memutuskan untuk memakannya.

Namun, meskipun demikian, sulit untuk menolak ikan ini karena rasanya yang khas dan enak, cocok untuk lidah banyak orang.

Ketika hidup di sawah atau rawa, misalnya, jika daerah tersebut mengering, ikan ini akan secara otomatis mencari daerah yang masih memiliki air.

Jika tidak menemukan air, maka ikan ini akan bergerak ke daerah lain seolah-olah berjalan di daratan atau di atas tempat yang airnya sudah kering.

Selanjutnya, jika tetap tidak menemukan tempat yang berair, ikan ini akan mengubur dirinya dalam lumpur setelah melapisi tubuhnya dengan lendir sehingga tetap basah.

Ikan ini memiliki sistem pernapasan yang berbeda yang memungkinkannya untuk melakukan hal tersebut. Bayangannya memang sedikit menyeramkan.

Karena sifatnya sebagai ikan predator yang invasif, Bogo ini memang menjadi kekhawatiran bagi keberadaan biota dan ikan-ikan asli di wilayahnya.

Meskipun ikan ini lebih umum ditemui di Asia Tenggara, ia juga menyebar ke wilayah Asia Selatan seperti Nepal, India, Bangladesh, dan Pakistan.

Di Amerika, Bogo sebenarnya lebih umum dijadikan ikan hias. Namun, ada kemungkinan terjadinya perpindahan ikan ke sungai-sungai yang dapat menyebabkan kekhawatiran terhadap ekosistem karena interaksi bebasnya dengan spesies ikan lain yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem lokal, karena ikan ini bukan spesies asli di daerah tersebut.

Baca Juga :  Panduan Perawatan Benih Ikan Gabus Usia Satu Bulan

Bogo juga telah diidentifikasi sebagai faktor yang berkontribusi terhadap hilangnya beberapa spesies ikan asli di wilayah Sulawesi dan Irian Jaya.

Manfaat Ikan Bogo

Ikan Bogo memiliki beberapa manfaat yang penting bagi tubuh, berikut adalah manfaat ikan Bogo:

1. Sumber Protein Tinggi:

Ikan Bogo merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan proteinnya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan banyak jenis ikan lainnya.

Protein sangat penting bagi tubuh manusia untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan.

2. Cocok untuk Anak-Anak dan Balita:

Ikan ini aman dikonsumsi oleh anak-anak, bahkan balita. Nutrisinya bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh pada masa pertumbuhan mereka.

3. Cocok untuk penderita Gizi buruk:

Bahkan untuk penderita gizi buruk, konsumsi ikan Bogo sangat disarankan karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi serta kandungan nutrisi lainnya seperti asam amino, seng, mikronutrien, dan sebagainya.

Selain itu, konsumsi ikan ini dapat membantu peningkatan berat badan sehingga kondisi gizi buruk atau busung lapar dapat membaik dengan lebih baik.

Ikan ini mudah ditemukan di sawah, danau, maupun sungai dengan teknik memancing yang tepat untuk mengeluarkannya dari persembunyiannya di lubang atau lumpur tempat ia mengubur diri.

4. Memperbaiki Sel-Sel Rusak:

Kandungan nutrisi yang baik dalam ikan Bogo dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan menggantikan sel mati dengan sel baru.

Ini berkontribusi pada kesehatan tubuh dan meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan.

5. Mendukung Metabolisme:

Zat enzim dan hormon yang terdapat dalam ikan Bogo membantu dalam proses metabolisme tubuh, yang penting untuk menjaga keseimbangan fisiologis tubuh.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh:

Konsumsi ikan Bogo dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Zat-zat yang terkandung di dalamnya membantu mengusir mikroba dan zat asing dari tubuh, serta mencegah masuknya zat-zat berbahaya.

Baca Juga :  Memahami Manfaat Ikan Kuro - Nutrisi dan Kelezatan dalam Satu Hidangan

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat ikan Bogo.

Dengan segala keunggulannya sebagai sumber protein tinggi dan nutrisi penting lainnya, ikan Bogo tidak hanya menjadi alternatif makanan yang lezat tetapi juga pilihan yang bijak untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Konsumsi ikan ini tidak hanya mendukung pemulihan kondisi gizi buruk, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan dalam mendukung metabolisme tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Dengan menggali kekayaan nutrisi dari sumber alam ini, kita dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Jangan ragu untuk menyertakan ikan Bogo dalam pola makan Sobat sebagai investasi untuk kesehatan yang berkelanjutan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat ikan Bogo ini, semoga informasi mengenai manfaat ikan Bogo ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *