Manfaat Buah Angco

Manfaat Buah Angco (Jujube) untuk Kesehatan

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Buah Angco (Jujube) untuk Kesehatan. Buah angco, atau yang lebih dikenal sebagai buah jujube, telah lama diakui karena kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dibalik kelezatan rasanya yang manis dan kenyal, tersimpan sejumlah kandungan nutrisi yang sangat berharga bagi tubuh.

Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menjaga keseimbangan gula darah, buah angco menawarkan beragam manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan kita.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam tentang manfaat buah angco dan bagaimana konsumsinya dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Mengenal Buah Angco

Sebelum membahas manfaat buah angco, mari kita simak penjelasan berikut mnegenai buah angco dan kandungannya.

Buah angco atau jujube, dikenal sebagai salah satu buah asli Asia Selatan, menghadirkan sejumlah kandungan nutrisi yang sangat berharga bagi tubuh.

Dalam buah ini terkandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya pilihan yang sangat sehat bagi konsumsi.

Bentuknya menyerupai kurma, namun dengan warna merah dan cita rasa yang manis serta kenyal, menjadikan buah ini sangat cocok sebagai camilan sehat.

Sebagai buah asli Asia Selatan yang mirip dengan kurma dalam penampilannya, jujube juga memiliki manfaat kesehatan yang diakui luas.

Dipercaya memiliki banyak manfaat, buah ini telah lama digunakan dalam berbagai terapi alternatif. Sebagai contoh, jujube (Ziziphus jujuba) telah terbukti membantu mengatasi insomnia dan kecemasan.

Karena rasa manis dan tekstur kenyalnya, buah ini sering kali dinikmati sebagai camilan sehat atau diolah menjadi manisan buah.

Baca Juga :  Manfaat Buah Bligo Bagi Kesehatan dan Olahannya

Selain itu, jujube juga rendah kalori, tinggi serat, serta kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting. Kandungan antioksidannya juga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut laporan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap 100 gram angco segar mengandung sekitar 77,76 gram air; memberikan energi sebesar 79 Kkal; 1,2 gram protein; 20,23 gram karbohidrat; hanya 0,2 gram lemak; 69 miligram vitamin C; 250 miligram kalium; dan 0,081 miligram vitamin B6, serta beberapa senyawa antioksidan yang bermanfaat. Namun, ketika angco dikeringkan, kandungan kalorinya cenderung lebih tinggi.

Manfaat Buah Angco

Berikut adalah manfaat buah angco yang paling penting:

1. Mengoptimalkan fungsi otak

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong mengungkap bahwa flavonoid dan saponin yang terdapat dalam jujube memiliki kemampuan untuk melindungi otak dari peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Ini menandakan bahwa buah jujube tidak hanya mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas, tetapi juga memiliki efek protektif terhadap kesehatan otak.

Selain itu, manfaat antioksidan dalam buah jujube atau angco ini berpotensi untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya, membantu mengoptimalkan kinerja otak secara keseluruhan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat utama buah jujube terletak pada kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang sebagian besar disumbangkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C memiliki berbagai fungsi penting bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kandungan nutrisi dalam buah jujube tidak hanya membantu meningkatkan produksi sel untuk melawan infeksi kuman penyakit yang dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat, tetapi juga memperkuat respons kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga :  Manfaat Buah Naga Ungu Bagi Tubuh

Selain itu, kehadiran lignin dalam ekstrak jujube juga memberikan manfaat tambahan dalam meningkatkan jumlah sel imun yang mampu menetralisir berbagai komponen penyebab penyakit di dalam tubuh, sehingga membantu dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Menjaga kadar gula darah

Manfaat buah jujube dalam menjaga kadar gula darah berasal dari kandungan vitamin yang membantu meningkatkan kemampuan sel dalam menyerap glukosa darah.

Dengan mengonsumsi buah angco dalam jumlah yang tepat, Sobat dapat membantu mengatur glukosa darah agar tetap dalam kisaran kadar normal.

Hal ini dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit diabetes, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah beragam manfaat buah angco lainnya:

  1. Membantu dalam proses pemulihan bagi individu yang sedang mengalami penyakit serius.
  2. Meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Menurunkan kadar kolesterol untuk melindungi fungsi hati (liver).
  4. Kaya akan antioksidan yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker.
  5. Meningkatkan energi vital (Yang Qi).
  6. Memperkuat fungsi limpa dan lambung.
  7. Menutrisi dan meningkatkan produksi darah, serta memberikan efek menenangkan pada pikiran.
  8. Mampu meredakan efek samping dari penggunaan obat-obatan lainnya, terutama yang dapat merusak lambung.
  9. Bermanfaat bagi wanita dalam mengatur siklus menstruasi atau membantu proses persalinan.
  10. Berpotensi untuk menjaga kulit tetap awet muda.
  11. Membantu dalam pengelolaan penyakit diabetes, jika dikonsumsi dengan kadar yang normal.
  12. Membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.
  13. Mengurangi bau tidak sedap pada buang air besar.
  14. Meredakan perut kembung.
  15. Menyembuhkan batuk berdahak, sakit gigi, dan infeksi gusi.
  16. Merangsang produksi air susu bagi ibu menyusui.
  17. Membantu mengatasi masalah tidur (insomnia) dan kecemasan.
  18. Dapat digunakan sebagai pengganti penyedap dalam memasak sup.
  19. Membantu dalam pengobatan penyakit jantung koroner.
Baca Juga :  Rahasia Kesehatan Tersembunyi - Manfaat Buah Gondang

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat buah angco.

Dari sekian banyak buah-buahan yang ada, buah angco, atau buah jujube, menonjol sebagai pilihan yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan.

Dari melindungi kesehatan otak hingga menjaga kadar gula darah, manfaat buah angco begitu beragam dan menakjubkan.

Melalui artikel ini, kita telah melihat bagaimana konsumsi buah angco dapat memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh kita.

Mari kita terus menjadikan buah angco sebagai bagian penting dari pola makan sehari-hari kita untuk mengalami kesehatan optimal dan menikmati manfaat luar biasa yang ditawarkannya.

Dengan demikian, mari kita nikmati buah angco sebagai salah satu anugerah alam yang penuh kesehatan dan kelezatan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat buah angco ini, semoga informasi mengenai manfaat buah angco ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *