Cara Menanam Putsa Alias Apel India Dalam Pot

Cara Menanam Putsa Alias Apel India Dalam Pot

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Menanam Putsa Alias Apel India Dalam Pot – Panduan Lengkap. Apakah Sobat Tani tertarik menanam putsa alias apel India dalam pot?

Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara menanam putsa alias apel India dalam pot untuk pemula. Pelajari langkah-langkahnya dan mulai menanam putsa alias apel India dalam pot di rumah Sobat Tani sendiri!

Mengenal Putsa Alias Apel India

Putsa adalah tanaman yang menarik dan berasal dari India. Nama lain untuk Putsa adalah Aple India. Buahnya memiliki ukuran sedang dan berwarna hijau muda, namun akan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika matang. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang renyah.

Salah satu hal menarik tentang tanaman Putsa adalah kebiasaannya yang rajin berbuah sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim. Asalkan syarat-syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik, Putsa akan terus berbuah tanpa henti sepanjang tahun. Buahnya akan tumbuh dalam jumlah yang melimpah.

Namun, untuk mendapatkan buah yang besar dan berkualitas, perlu dilakukan penjarangan buah. Ini berarti beberapa buah harus dipetik atau dihapus agar yang tersisa dapat tumbuh lebih besar dan memiliki ruang untuk berkembang dengan baik. Dengan melakukan penjarangan, buah Putsa yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

Putsa adalah tanaman yang menarik untuk ditanam karena kebiasaannya yang berbuah sepanjang tahun. Buahnya yang manis dan renyah membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Jadi, jika Sobat Tani tertarik untuk menanamnya, pastikan untuk memberikan perawatan yang baik agar Putsa dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang lezat.

Cara Menanam Putsa Alias Apel India Dalam Pot

Jika Sobat Tani ingin menanam putsa alias apel India dalam pot, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memastikan Sobat Tani mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Baca Juga :  Cara Membuat Cincau yang Lezat dan Segar

Menanam putsa alias apel India dalam pot merupakan pilihan yang bagus untuk ruang terbatas dan juga memberikan kepuasan dalam menikmati buah yang lezat.

Pilih Varietas Putsa Alias Apel India yang Tepat

Langkah pertama dalam menanam putsa alias apel India dalam pot adalah memilih varietas yang tepat. Pilih varietas putsa alias apel India yang cocok untuk tumbuh di daerah Sobat Tani dan juga sesuai dengan ukuran pot yang Sobat Tani miliki.

Sobat Tani dapat memilih varietas seperti “Siam Golden,” “Sri Chomphu,” atau “Hong Fai” yang dikenal memiliki buah yang manis dan lezat.

Persiapan Pot dan Media Tanam

Dalam cara menanam putsa alias apel India dalam pot, siapkan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:2:3. Hal ini dilakukan agar media tidak terlalu basah, mengingat asumsi kita bahwa cuaca seringkali hujan. Dengan menggunakan campuran ini, kita membuat tabulampot apel India yang sudah berbunga.

Seleksi Buah Untuk Penjarangan

Bunga-bunga apel India tersebut cukup banyak tersebar di cabang-cabang sekunder tanaman. Setiap titik dapat memiliki beberapa bunga, dan hampir semua bunga tersebut berpotensi menjadi buah. Hanya ada satu atau dua bunga yang rontok sebelum menjadi buah. Beberapa minggu kemudian, buah-buah mulai muncul, sekitar 30 buah dari semua titik bunga yang ada.

Namun, mengingat ukuran tanaman yang belum begitu besar, perlu dilakukan seleksi buah untuk penjarangan. Cabang yang kecil seperti lidi tidak akan mampu menopang buah yang terus tumbuh dan membesar, sehingga bisa rebah ke tanah.

Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan ajir bambu untuk menopang buah. Agar tidak mengganggu atau merusak perakaran tanaman, bambu vertikal dapat dipasang di pinggiran pot saja, baik di sebelah kiri maupun kanan. Kemudian, bambu tersebut dihubungkan dengan bambu horizontal di bagian atas, membentuk bentuk huruf H.

Baca Juga :  Inilah Berbagai Manfaat Bunga Pohon Pepaya Jantan

Dengan menggunakan ajir bambu ini, buah-buah apel India dapat ditopang dengan baik dan tanaman tetap dalam kondisi yang baik pula.

Penyiraman dan Pemeliharaan

Dalam cara menanam putsa alias apel India dalam pot, jaga agar media tanam tetap lembab, namun hindari penyiraman yang berlebihan yang dapat menyebabkan akar membusuk.

Selain penyiraman, pemeliharaan putsa alias apel India juga melibatkan pemupukan secara teratur. Gunakan pupuk organik atau pupuk khusus untuk tanaman buah agar putsa alias apel India mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Penutup

Dalam artikel ini, Hasiltani.id telah menjelaskan tentang cara menanam putsa alias apel India dalam pot. Mulai dari pemilihan varietas yang tepat, persiapan pot dan media tanam, hingga penanaman bibit putsa alias apel India. Hasiltani juga membahas tentang penyiraman, pemeliharaan, penyulaman, dan pemangkasan yang diperlukan untuk merawat tanaman dengan baik.

Menanam putsa alias apel India dalam pot merupakan solusi yang bagus bagi mereka yang memiliki ruang terbatas atau tidak memiliki kebun. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, Sobat Tani dapat menikmati buah yang lezat langsung dari tanaman Sobat Tani sendiri.

Namun, penting untuk diingat bahwa merawat putsa alias apel India membutuhkan kesabaran dan perhatian. Perhatikan kondisi tanaman, berikan nutrisi yang cukup, dan lakukan perawatan yang diperlukan sesuai dengan petunjuk yang telah disampaikan.

Dengan menanam putsa alias apel India dalam pot, Sobat Tani dapat menghadirkan keindahan dan kenikmatan tumbuh-tumbuhan ke dalam rumah Sobat Tani. Tidak hanya itu, Sobat Tani juga dapat menikmati buah yang segar dan lezat ketika musim panen tiba.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba menanam putsa alias apel India dalam pot. Ikuti panduan ini dan nikmati hasilnya. Selamat menanam dan selamat menikmati buah putsa alias apel India yang lezat!

Baca Juga :  Khasiat Kayu Gaharu yang Mistik

FAQs

1. Apakah Putsa dapat tumbuh dengan baik dalam pot? Ya, Putsa dapat tumbuh dengan baik dalam pot jika ukuran pot yang dipilih cukup besar untuk menampung pertumbuhan akar dan tanaman secara optimal.

2. Apa yang harus digunakan sebagai media tanam untuk menanam Putsa dalam pot? Sobat Tani dapat menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:2:3 sebagai media tanam yang subur untuk Putsa.

3. Berapa sering harus menyiram tanaman Putsa dalam pot? Putsa membutuhkan penyiraman secara teratur, namun hindari genangan air yang berlebihan. Periksa kelembaban media tanam sebelum menyiram, dan pastikan tanah agak kering sebelum menyiram lagi.

4. Apakah Putsa perlu terkena sinar matahari langsung? Ya, Putsa membutuhkan paparan sinar matahari langsung setidaknya 6-8 jam sehari. Pilihlah tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup untuk menempatkan pot Putsa Sobat Tani.

5. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan penjarangan buah pada Putsa? Setelah bunga Putsa mekar, Sobat Tani dapat melakukan penjarangan buah. Pilih beberapa buah yang paling sehat dan kuat untuk dibiarkan tumbuh, dan hapus buah yang lebih kecil atau rusak untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.

6. Apakah Putsa membutuhkan dukungan untuk cabang yang membawa buah? Ya, cabang Putsa yang kecil mungkin membutuhkan dukungan untuk menopang buah yang tumbuh dan mencegah patah. Sobat Tani dapat menggunakan ajir bambu yang ditempatkan secara strategis untuk menopang cabang dan buah.

7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Putsa untuk berbuah setelah penanaman? Waktu yang dibutuhkan untuk Putsa berbuah setelah penanaman dapat bervariasi. Namun, dengan perawatan yang baik, Putsa biasanya mulai berbuah dalam beberapa bulan hingga setahun setelah penanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *