bonsai anting putri salju

Bonsai Anting Putri Salju yang Mirip Bunga

Diposting pada

Hasiltani.id – Bonsai Anting Putri Salju yang Mirip Bunga. Anting putri salju (Leucojum aestivum) adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Tanaman ini juga dikenal dengan nama snowflake atau summer snowflake karena bunga putihnya yang menyerupai salju. Anting putri salju termasuk tanaman yang tahan lama dan mudah dipelihara, sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Potensi Tanaman Anting Putri Salju sebagai Bonsai Anting Putri Salju Bunga

Anting putri salju memiliki potensi untuk dijadikan tanaman bonsai. Tanaman ini memiliki batang yang kuat dan daun yang rimbun. Bonsai anting putri salju biasanya ditanam dalam pot yang kecil agar mudah dipindahkan dan dipelihara. Selain itu, bonsai anting putri salju dapat dipangkas secara teratur untuk menjaga bentuknya.

Anting Putri Salju Tanaman Bonsai yang Mirip Bunga

Banyak yang mungkin akan mengira bahwa gambar tersebut menunjukkan tajuk dedaunan tanaman bonsai atau bonsai potong yang tengah berbunga lebat. Terlihat bunga-bunga kecil berwarna putih tersebar di bagian atas dedaunan. Padahal sebenarnya tidak demikian.

Jika diamati dengan seksama dari dekat, sebenarnya gambar tersebut menunjukkan bukan tanaman yang sedang berbunga. Yang terlihat adalah tanaman dengan pucuk daun muda berwarna putih yang mencolok dari dedaunan di bawahnya. Itulah yang memberikan kesan seperti bunga yang menyebar. Tanaman tersebut adalah tunggul bonsai berukuran besar dengan bagian atas yang merupakan jenis anting putri salju.

Biasanya, beberapa penjual tanaman hias akan menyebut tanaman tersebut dengan nama singkat “putri salju”. Namun yang dimaksud di sini bukanlah tanaman Jacobea maritima (silver ragwort) yang juga dikenal dengan nama putri salju, melainkan keluarga anting dengan pucuk daun mudanya yang berwarna putih.

Nama “salju” diberikan karena warna putih pada pucuk daun mudanya. Jacobea maritima sendiri memiliki daun berwarna putih keperakan dan cocok untuk ditanam di dalam ruangan atau indoor, tidak menyukai sinar matahari yang terik, dan batangnya tidak besar dengan bunga berwarna kuning.

Sementara itu, anting putri salju memiliki kemiripan dengan anting putri kuning atau hijau, dengan ciri khusus memiliki daun muda yang berwarna putih. Jika dilihat dari jauh, tanaman ini memang akan terlihat seperti sedang berbunga kecil-kecil dengan warna putih.

Sama seperti tanaman anting putri yang sering dijadikan bonsai potong, begitu pula dengan anting putri salju. Keunggulan tanaman ini terletak pada daun mudanya yang kecil dan berwarna putih.

Pucuk Tanaman Anting Putri Berdaun Kuning Dan Bunga Melati

Anting Putri

Selain digunakan sebagai bahan untuk sambung pucuk tunggul bonsai tunggal, pucuk tanaman anting putri salju juga sering digabungkan dengan pucuk tanaman anting putri yang berdaun kuning dan bunga melati dalam satu batang tunggul bonsai.

Untuk menciptakan tunggul bonsai dengan batang bawah yang besar, biasanya digunakan batang bawah dari pohon jalitri atau mentaos (mentoh di Malaysia). Tanaman ini memiliki bentuk daun yang mirip anting, tetapi ukurannya jauh lebih besar.

Untuk sedikit membahas tentang tanaman jalitri sebagai batang bawah pada tunggul bonsai, sebenarnya tanaman ini sering digunakan untuk kayu ukir dan ornamen. Nama jalitri sendiri muncul pada buku The Philippine Journal of Science: Botany – Volume 4 – Page 551 (tahun 1909), tertulis sebagai djalitri.

Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Wrightia javanica DC, Bintaos, mentaos, dan djalitri. Sumber lain menyebutkan bahwa tanaman Mentaos, yang juga merupakan sinonim dari Wrightia pubescens lanitii, termasuk ke dalam salah satu tanaman obat yang dikenal untuk menghentikan disentri atau antidysenterica.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa penggunaan tanaman untuk pengobatan harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal yang kompeten. Saat ini, bonsai potong menjadi pilihan populer sebagai ornamen untuk melengkapi taman rumah.

Berbagai jenis bonsai seperti beringin, beringin dolar, anting putri, bougenville, cemara udang, hingga serut atau kimeng, banyak dicari. Sebuah tunggul bonsai dari tanaman anting putri salju akan memberikan kesan elegan sebagai pusat perhatian taman.

Tentu saja, harganya cukup tinggi, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada ukuran, seni, dan keunikan yang ditampilkan pada tunggul bonsai untuk taman tersebut.

Cara Potong Anting Putri Salju untuk Menjadi Bonsai Anting Putri Salju Bunga

Untuk membuat tanaman anting putri salju menjadi bonsai, perlu dilakukan pemotongan daun dan batang secara teratur. Pemotongan daun dan batang bertujuan untuk menjaga bentuk dan ukuran bonsai. Berikut adalah cara potong anting putri salju untuk dijadikan bonsai:

1. Pilih Tanaman yang Cocok

Pilih tanaman anting putri salju yang sehat dan memiliki batang yang kuat. Pastikan tanaman tersebut memiliki beberapa daun muda yang masih menempel pada batangnya.

2. Potong Daun Muda

Potong daun muda yang menempel pada batang dengan hati-hati menggunakan gunting. Hindari memotong daun yang sudah terlalu tua atau rusak. Potong daun dengan sudut 45 derajat agar daun tumbuh dengan baik.

3. Potong Batang

Potong batang dengan hati-hati menggunakan gunting atau pisau bonsai. Potong batang dengan sudut 45 derajat agar tumbuh dengan baik. Hindari memotong batang terlalu pendek atau terlalu panjang.

4. Gunakan Pupuk

Setelah memotong daun dan batang, berikan pupuk secara teratur agar bonsai anting putri salju tumbuh dengan baik. Pilih pupuk yang mengandung nutrisi lengkap dan sesuai dengan jenis tanaman.

5. Lakukan Pemangkasan Secara Teratur

Lakukan pemangkasan daun dan batang secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukuran bonsai. Pemangkasan biasanya dilakukan setiap 2-3 minggu sekali, tergantung pada pertumbuhan tanaman.

Kelebihan Menanam Bonsai Anting Putri Salju Bunga

Menanam bonsai anting putri salju bunga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pecinta tanaman hias. Salah satu kelebihan utama adalah keindahan tanaman yang elegan dan menawan dengan daun mudanya yang berwarna putih kontras dengan daun tua yang berwarna hijau kekuningan.

Selain itu, bonsai anting putri salju bunga juga mudah dibentuk dan dapat dijadikan elemen pusat dalam taman atau ruangan. Bonsai anting putri salju bunga juga dapat dijadikan koleksi karena memiliki nilai seni yang tinggi.

Banyak penggemar bonsai yang mengoleksi tanaman ini dan mengembangkan teknik pemangkasan dan pembentukan batang untuk mendapatkan bentuk dan tampilan yang unik. Selain itu, keberadaan batang bawah dari tanaman jalitri atau mentaos juga memberikan nilai estetika yang menarik bagi bonsai anting putri salju.

Menanam bonsai anting putri bunga juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Beberapa literature menyebutkan bahwa tanaman mentaos atau jalitri yang digunakan sebagai batang bawah bonsai anting putri salju bunga memiliki khasiat obat untuk menghentikan disentri atau antidysenterica.

Selain itu, menanam bonsai dapat menjadi kegiatan yang menenangkan dan membantu mengurangi stres. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, tidak heran jika bonsai anting putri salju semakin diminati oleh pecinta tanaman hias.

Penutup

Dalam artikel ini, Hasiltani telah membahas mengenai bonsai anting putri salju bunga yang merupakan salah satu jenis bonsai yang paling menawan dan diminati oleh pecinta tanaman bonsai. Bonsai ini memiliki karakteristik yang unik dan menarik, dengan daunnya yang kecil dan berwarna putih seperti salju, serta cabang-cabang yang indah dan elegan.

Bonsai anting putri salju bunga membutuhkan perawatan khusus agar tetap tumbuh subur dan menjaga keindahannya. Artikel ini memberikan informasi mengenai teknik pemangkasan yang tepat, pemilihan pot yang sesuai, serta perawatan tanah dan penyiraman yang diperlukan.

Selain itu, artikel ini juga membahas mengenai penempatan bonsai anting putri salju di tempat yang tepat agar mendapatkan cahaya yang cukup dan kondisi lingkungan yang ideal. Dalam menanam dan merawat bonsai anting putri salju bunga, kesabaran dan ketekunan sangatlah penting.

Bonsai ini membutuhkan waktu dan perawatan yang teliti untuk mencapai bentuk dan keindahan yang diinginkan. Namun, hasil yang diperoleh akan sangat memuaskan ketika bonsai tersebut tumbuh dengan sempurna dan menghiasi ruangan dengan pesonanya.

Dengan memiliki bonsai anting putri salju bunga, kita dapat merasakan keindahan alam dalam skala kecil di dalam rumah atau taman. Keunikan dan keelokan bonsai ini dapat memberikan nuansa harmoni dan ketenangan bagi penghuninya. Sebagai hobi yang menenangkan, merawat bonsai anting putri salju dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan.

Dalam penutup, bonsai anting putri salju bunga adalah pilihan yang indah untuk penggemar bonsai. Dengan pengetahuan dan perawatan yang tepat, bonsai ini akan menjadi mahakarya kecil yang memancarkan keanggunan dan keindahan alam. Mari kita nikmati pesona bonsai anting putri salju bunga dalam menghiasi kehidupan kita dan menciptakan suasana yang damai di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *