Bacaan Doa Penutup Istighosah

Bacaan Doa Penutup Istighosah Arab, Latin dan Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Bacaan Doa Penutup Istighosah Arab, Latin dan Terjemahannya. Dalam setiap kegiatan keagamaan yang melibatkan komunitas Muslim, terdapat suatu ritme yang mengalir dari awal hingga akhir acara, menghubungkan hati umat dengan penciptanya, Allah SWT.

Salah satu ritme yang paling sakral dan mendalam adalah doa, khususnya doa penutup. Istighosah, sebagai salah satu kegiatan doa bersama yang bertujuan memohon pertolongan dan perlindungan Ilahi, memiliki bacaan doa penutup yang khas.

Bacaan Doa Penutup Istighosah tidak hanya sekedar kalimat penutup, melainkan sebagai penegas dari segala harapan, rasa syukur, dan permohonan yang telah diangkat selama acara berlangsung.

Lebih dari itu, bacaan ini memiliki makna spiritual yang mendalam, mencerminkan intensitas hubungan antara hamba dengan Tuhannya.

Artikel ini akan membahas secara detail mengenai Bacaan Doa Penutup Istighosah, mulai dari sejarah, makna, hingga relevansinya dalam kehidupan umat Muslim masa kini.

Apa itu Istighosah?

Sebelum memabhas mengenai Bacaan Doa Penutup Istighosah, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan Istighosah.

Istighosah berasal dari bahasa Arab, yaitu kata “الاستغاثة” (al-istighāthah) yang memiliki arti meminta pertolongan atau bantuan.

Dalam konteks keagamaan, khususnya di kalangan masyarakat Muslim, istighosah merujuk pada sebuah acara atau majlis yang diadakan dengan tujuan untuk memohon pertolongan, keberkahan, perlindungan, atau ampunan dari Allah SWT.

Biasanya, dalam acara ini akan dilakukan bacaan-bacaan doa, dzikir, serta bacaan-bacaan tertentu lainnya.

Istighosah sering diadakan dalam berbagai situasi, seperti ketika menghadapi bencana, kesulitan, atau ujian hidup lainnya. Dengan mengadakan istighosah, umat Islam percaya bahwa dengan memohon pertolongan langsung kepada Allah SWT, kesulitan atau masalah yang dihadapi dapat diatasi.

Baca Juga :  Kekuatan Doa Untuk Mengetahui Jati Diri

Meskipun istighosah telah menjadi bagian dari tradisi keagamaan di beberapa negara, cara pelaksanaannya bisa berbeda-beda tergantung pada kebiasaan dan budaya setempat.

Ada yang melakukannya dengan sederhana, namun ada juga yang melibatkan banyak orang dengan bacaan dan ritual tertentu.

Sebagai contoh, di beberapa negara, istighosah mungkin melibatkan pembacaan Surah Yasin, doa khusus, atau bacaan lainnya yang dipercaya memiliki keutamaan.

Kegiatan doa bersama, seperti istighosah, tidak hanya dilakukan dalam upaya mengatasi atau meminta pertolongan ketika menghadapi kesulitan. Acara semacam ini juga sering dilakukan sebagai langkah pencegahan guna menghindari musibah yang mungkin datang.

Selain itu, istighosah juga sering diadakan sebelum memulai sebuah kegiatan atau proyek dengan harapan semuanya berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang optimal.

Salah satu tujuan utama dari pelaksanaan istighosah adalah agar mendapatkan berkah dari Allah SWT dengan cara yang maksimal sehingga manfaat tersebut dapat dirasakan dalam rutinitas keseharian.

Bacaan Doa Penutup Istighosah

Pada pembahasan Istighosah, dalam tiap acara, doa penutup selalu menjadi bagian yang esensial. Doa ini mencerminkan rasa syukur atas pelaksanaan kegiatan dan memohon kelancaran atas apa yang telah dilakukan.

Meskipun doa penutup seringkali menjadi bagian dari kegiatan, jenis doa yang digunakan bisa sangat bervariasi dan tentu saja memiliki perbedaan.

Berikut adalah bacaan doa penutup istighosah dalam arab, latin beserta terjemahannya:

Bacaan Doa Penutup Istighosah

“Allahummarham na bil qur’an”

Bacaan Doa Penutup Istighosah

“Allahummarham na bil qur’an. Waj’al hu lanaa imaama, wa nuuro, wa hudaa, wa rohma. Allahumma dakkir na minhu ma nasiina, wa ‘allimna minhu ma jahilna warjuqna tilaawatahu. Anna-al laili wa atroofan nahaar. Waj’alhu lana hujjatan, yaa robbal ‘alamiin.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu kepada kami melalui Al Quran. Biarlah ia menjadi pemimpin, sumber cahaya, petunjuk, dan anugerah rahmat untuk kami. Ya Allah, kembalikanlah kepada kami apa yang kami lupa darinya dan ajari kami apa yang belum kami pahami darinya. Anugerahilah kami kesempatan untuk membacanya di siang dan malam hari. Dan biarlah ia menjadi alasan pertolongan untuk kami. Wahai Penguasa alam semesta.”

Baca Juga :  Amalan Wirid untuk Bertemu Sodara Kembar Kita

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Bacaan Doa Penutup Istighosah.

Bacaan doa penutup Istighosah bukan sekedar sekumpulan kalimat yang diucapkan di akhir acara. Lebih dari itu, doa ini menggambarkan harapan, rasa syukur, dan permohonan agar segala aktivitas yang telah dilakukan mendapatkan berkah dan perlindungan dari Allah SWT.

Dalam setiap kata dan bait doa, terkandung makna yang mendalam, memohon petunjuk dan keberkahan untuk masa yang akan datang.

Semoga dengan memahami esensi dari bacaan doa penutup Istighosah, kita semakin mendekatkan diri kepada-Nya dan senantiasa mendapatkan pertolongan-Nya di setiap langkah kehidupan kita.

Terima kasih telah membaca artikel Bacaan Doa Penutup Istighosah ini, semoga informasi mengenai Bacaan Doa Penutup Istighosah ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *