Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Diposting pada

Hasiltani.id – Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh beserta Terjemahannya. Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adalah sebuah ungkapan yang sangat akrab di kalangan umat Islam.

Setiap kali kita mendengarnya atau mengucapkannya, kita tidak hanya menyampaikan salam, tetapi juga membawa pesan dan makna yang dalam dalam budaya Islam.

Ungkapan ini memiliki arti yang kaya, mencerminkan nilai-nilai agama, persaudaraan, dan rasa kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna dan signifikansi dari tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, serta bagaimana penggunaannya dapat memperkaya interaksi dan hubungan sosial di dalam masyarakat Muslim.

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam adalah ungkapan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang sangat penting dalam Islam. Menyebarkan salam merupakan salah satu tanda cinta dan kasih sayang antara sesama muslim.

Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan pesan ini:

عن أبي هريرة ؤضي الله عنه قال :  قال رسول الله صلي الله عليه وسلم : (لا تدخلون الجنة حتى تؤمنوا, ولا تؤمنوا حتى تحابوا, أولا أدلكم على شيئ إذا فعلتموه تحاببتم ؟ أفشوا السلام بينكم) رواه مسلم

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian semua tidak akan masuk surga sebelum beriman. Dan iman kalian belum sempurna hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian melakukannya, kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Mengucapkan salam adalah sunnah bagi seorang muslim, sementara menjawab salam adalah wajib.

Berikut adalah cara menulis salam dalam bahasa Arab yang benar:

Assalamu alaikum

  • Tulisan Arab yang benar: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
  • Tulisan Arab yang disederhanakan: السلام عَليكم
Baca Juga :  Pengertian dan Contoh Jamak Taksir

Assalamu alaikum warahmatullah

  • Tulisan Arab yang benar: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
  • Tulisan Arab yang disederhanakan: السلام عَليكم ورحمة الله

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • Tulisan Arab yang benar: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  • Tulisan Arab yang disederhanakan: السلام عَليكم ورحمة الله وبركاته

Penjelasan tentang cara penulisan “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

“Assalamu (السَّلاَمُ)”:

Kata “Assalamu” merupakan kata benda (Isim ma’rifat) dengan tanda kemasukan “al”, dan berkedudukan sebagai mubtada (subjek kalimat).

“Alaikum (عَلَيْكُمْ)”:

“Alaikum” terdiri dari huruf “Ala” yang merupakan huruf jar, dan “kum” yang merupakan dhomir muttasil (kata ganti yang terhubung) dengan makna “kalian”. Lafadz “alaikum” berkedudukan sebagai khobar (predikat kalimat).

“Warahmatullahi (وَرَحْمَةُ اللهِ)”:

Kata “Warahmatullahi” terdiri dari huruf “Wa” yang merupakan huruf athof (penghubung), dan “rahmatullahi” yang berkedudukan sebagai mubtada (subjek kalimat).

Lafadz “rahmatullahi” berlaku sebagai mudhof (kata yang dihubungkan) dan “lah” yang merupakan lafadz jalalah (nama Allah) berlaku sebagai mudhaf ilaih (kata yang dihubungkan).

“Wabarakatuh (وَبَرَكَاتُهُ)”:

Kata “Wabarakatuh” terdiri dari huruf “Wa” yang merupakan huruf athof, dan “barakatuh” yang berkedudukan sebagai mubtada.

Lafadz “barakatuh” berlaku sebagai mudhof dan “dhomir ha” yang merupakan dhomir muttasil (kata ganti yang terhubung) dengan makna “Nya” berlaku sebagai mudhof ilaih.

Jadi, tulisan Arab yang benar untuk “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” adalah السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” adalah salam yang diucapkan oleh seorang Muslim kepada sesama Muslim.

Dalam Islam, menjawab salam dengan baik sangat dianjurkan, dan jawaban yang umum adalah “waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh” (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ).

Di Indonesia, sebagian orang cenderung suka menyingkat kata-kata yang panjang menjadi lebih singkat.

Contohnya, “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” sering disingkat menjadi “assalamualaikum wr wb” untuk mempermudah dan mempersingkat dalam komunikasi sehari-hari.

Singkatan ini masih mengandung makna salam dan doa bagi rahmat dan berkah dari Allah SWT.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Arab

Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan mengenai salam, berikut ini Hasiltani sajikan teks Arab beserta artinya yang terdapat dalam kitab Bulughul Maram:

Baca Juga :  Definisi dan Contoh Huruf Jazm

1. Orang yang sedikit memberi salam kepada orang yang banyak

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ليسلم الصغير على الكبير والمار على القادر والقليل على الكثير, متفق عليه

وفي رواية لمسلم – والراكب على الماشي

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sebaiknya orang yang kecil memberi salam kepada yang besar, orang yang berjalan memberi salam kepada yang duduk, dan orang yang sedikit memberi salam kepada orang yang banyak.” (Muttafaq Alaih)

Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan dengan tambahan kata “dan orang yang naik kendaraan memberi salam kepada yang berjalan kaki.”

2. Menjawab salam dari satu orang oleh sekelompok orang

وعن علي – رضي الله عنه – قال : قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم — يجزئ عن الجماعة إذا مروا أن يسلم أحدهم ويجزئ عن الجماعة أن يرد أحدهم – رواه أحمد والبيهقي

Dari Ali Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Cukuplah bagi sekelompok orang ketika mereka sedang berjalan, jika salah satunya mengucapkan salam, dan cukup pula jika salah satu dari mereka membalas salam yang diberikan oleh seseorang dari luar kelompok tersebut.” (Hadits riwayat Ahmad dan Baihaqi)

3. Larangan memulai salam kepada selain Muslim

وَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – لَا تَبْدَؤُوا اَلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى بِالسَّلَامِ, وَإِذَا لَقَيْتُمُوهُمْ فِي طَرِيقٍ, فَاضْطَرُّوهُمْ إِلَى أَضْيَقِهِ – أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

وعنه قال :  قال : قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم — لا تبدؤوا اليهود والنصارى بالسلام وإذا لقيتموهم في طريق فاضطروهم إلى أضيقه – أخرجه مسلم

Dari Ali Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah memulai mengucapkan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani. Jika kalian bertemu dengan mereka di jalan, maka tuntutlah mereka untuk menjalani jalan yang lebih sempit.” (Hadits riwayat Muslim)

Dalam hadits yang sama, Rasulullah SAW mengingatkan agar tidak memulai salam kepada orang Yahudi dan Nasrani, dan jika kita bertemu dengan mereka di jalan, kita disarankan untuk memaksa mereka untuk menjalani jalan yang lebih sempit.

Baca Juga :  Contoh Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Dalam Al-Quran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Artinya

Saat mendengarkan sebuah ceramah atau pidato, kita bisa menemui perbedaan dalam versi pengucapan salam yang diiringi dengan bismillah. Berikut dua versi yang umum digunakan:

Versi pertama adalah dengan mendahulukan bismillah, kemudian diikuti dengan salam, sehingga bunyinya “Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Versi kedua adalah dengan mendahulukan salam, kemudian mengucapkan bismillah, sehingga bunyinya “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bismillahirrahmanirrahim.”

Kedua versi tersebut digunakan oleh penceramah dengan dasar masing-masing yang mungkin sesuai dengan preferensi atau tradisi tertentu.

Arti dari “assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” adalah “semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan Allah tetap atas kalian semua.”

Berikut tabel yang menjelaskan arti dari “assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”:

Tulisan ArabLatinArtinya
السَّلاَمُAssalamuKeselamatan
عَلَيْكُمْAlaikumAtas kalian semua
وَرَحْمَةُ اللهِWarahmatullahidan rahmat Allah
وَبَرَكَاتُهُWabarakatuhdan keberkahan Allah

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Tulisan Arab Assalamualaikum.

Dalam penutup artikel ini, dapat kita simpulkan bahwa tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adalah lebih dari sekadar kata-kata, melainkan sebuah salam yang sarat dengan makna dan nilai-nilai yang mendalam dalam Islam.

Pengucapan salam ini mencerminkan harapan akan keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT kepada sesama Muslim.

Tulisan ini juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga akhlak yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain serta menjawab salam dengan baik pula.

Semoga pemahaman mengenai tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan nilai-nilai persaudaraan, kasih sayang, dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, kita dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dalam semangat saling mencintai dan saling menghormati sesama umat Muslim. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terimakasih telah membaca artikel Tulisan Arab Assalamualaikum ini, semoga informasi mengenai Tulisan Arab Assalamualaikum ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *