Manfaat Pisang Muli 

Rahasia Kesehatan Tersembunyi – Mengungkap Manfaat Pisang Muli 

Diposting pada

Hasiltani.id – Rahasia Kesehatan Tersembunyi – Mengungkap Manfaat Pisang Muli. Pisang muli, dengan segala kelembutan dan kelezatannya, tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sebagai salah satu buah yang kaya akan nutrisi, pisang muli telah lama dikenal sebagai pilihan makanan yang populer di berbagai kalangan.

Dari pengaturan keseimbangan mineral penting dalam tubuh hingga memberikan energi yang berkelanjutan, pisang muli menawarkan sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

Mari kita telusuri lebih dalam ke dalam keajaiban buah ini, mengungkap setiap lapisan manfaat yang tersembunyi di balik kulitnya yang kuning dan lembut.

Tentang Pisang

Sebelum membahas manfaat pisang muli, Hasiltani akan menjelaskan mengenai tanaman pisang dahulu.

Pisang adalah buah yang berasal dari keluarga tumbuhan Musaceae dan genus Musa.

Buah ini biasanya dikonsumsi di seluruh dunia karena rasanya yang manis, teksturnya yang lembut, serta kandungan nutrisinya yang kaya.

Pisang berasal dari Asia Tenggara, tetapi sekarang ditanam di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Negara-negara seperti Indonesia, Filipina, India, dan Brasil adalah produsen utama pisang.

Ada berbagai jenis pisang dengan variasi warna, bentuk, dan ukuran. Beberapa jenis pisang yang umum ditemukan antara lain pisang Cavendish, pisang raja (atau pisang kepok), pisang tanduk, pisang raja bulu, dan pisang emas.

Pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, serat, dan karbohidrat. Pisang juga merupakan sumber energi yang baik karena mengandung gula alami seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa.

Konsumsi pisang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan karena kandungan seratnya, menjaga kesehatan jantung karena tingginya kandungan kalium, serta memberikan energi dan mengurangi kelelahan karena kandungan karbohidratnya.

Baca Juga :  Manfaat Getah Pisang - Beragam Manfaat untuk Kesehatan

Pisang bisa dimakan langsung, diolah menjadi berbagai hidangan seperti pisang goreng, kolak pisang, atau smoothie pisang.

Selain itu, pisang juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue, roti, dan makanan penutup lainnya.

Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Perdagangan pisang menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi banyak negara produsen, dan industri pisang juga memberikan mata pencaharian bagi jutaan orang di seluruh dunia, mulai dari petani hingga pedagang.

Salah satu tantangan dalam industri pisang adalah masalah ketahanan terhadap penyakit dan hama serta ketahanan terhadap perubahan iklim.

Selain itu, pisang juga memiliki tantangan dalam distribusi dan pemasaran karena masa simpannya yang relatif singkat dan kerentanan terhadap kerusakan selama pengiriman dan penyimpanan.

Mengenal Pisang Muli

Dalam pembahasan manfaat pisang muli. pisang muli adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di masyarakat Indonesia, buah ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup yang lezat.

Dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, pisang muli memiliki ukuran yang relatif kecil.

Secara umum, pisang ini memiliki panjang sekitar 9 cm dan diameter sekitar 10,5 cm.

Tandannya biasanya terdiri dari 6-8 sisir, dengan setiap sisir mengandung sekitar 18-20 buah pisang.

Kulit buah pisang muli memiliki warna kuning yang cerah. Rasa buahnya sangat manis dan memiliki aroma yang harum. Tekstur kulit luar pisang muli terasa sangat mulus saat disentuh.

Selain nikmat untuk dinikmati, pisang muli juga kaya akan kandungan nutrisi. Buah ini mengandung sejumlah vitamin yang penting untuk kesehatan, antara lain protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B12, thiamin, riboflavin, niasin, zat besi, kalsium, magnesium, dan sodium.

Kandungan nutrisi yang tinggi membuat pisang muli menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Manfaat Pisang Muli

Berikut adalah beberapa manfaat pisang muli apabila dikonsumsi:

1. Suplai Mineral untuk Metabolisme:

Pisang muli mengandung mineral seperti besi (Fe) yang dapat diserap oleh tubuh hingga hampir 100%.

Kandungan mineral ini adalah salah satu yang terbesar dibandingkan dengan jenis makanan nabati lainnya, memberikan suplai penting untuk proses metabolisme tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Labu Putih untuk Asam Lambung dan Cara Budidayanya

2. Kesehatan Mata dengan Betakaroten:

Betakaroten yang terdapat dalam pisang muli dikenal baik untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata.

3. Meningkatkan Kinerja Otak:

Hormon serotonin yang meningkat setelah mengonsumsi pisang muli berperan sebagai neurotransmitter yang meningkatkan kinerja otak, serta memenuhi kebutuhan oksigen bagi otak.

4. Pengobatan Anemia:

Kandungan tinggi besi dalam pisang muli dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin, sehingga bermanfaat bagi penderita anemia.

5. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh:

Tingginya kandungan kalium dalam pisang muli membantu menjaga keseimbangan proporsi air di dalam tubuh.

6. Kontrol Nafsu Makan:

Kandungan serat yang tinggi dalam pisang muli memberikan rasa kenyang yang lebih lama, cocok sebagai alternatif dalam program diet karena dapat mengontrol nafsu makan.

7. Energi untuk Berpikir dan Menghindari Pikun:

Kandungan pati dalam pisang muli menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, membantu menjaga konsentrasi dan mencegah risiko pikun.

8. Pemperlancar Sistem Metabolisme:

Vitamin B6 dalam pisang muli membantu dalam metabolisme protein dan pembentukan serotonin.

9. Makanan Pendamping untuk Bayi:

Pisang muli sering kali dijadikan makanan pendamping pertama bagi bayi karena nutrisinya yang lengkap dan tekstur lembut yang mudah dicerna.

Cara Membuat Amparan Tatak Pisang Muli

Setelah mengetahui manfaat pisang muli, Hasiltani memberikan resep amparan tatak pisang muli.

Bahan-bahan:

Lapisan Bawah:

  • 600 cc santan sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 1 kotak vanili
  • 1 butir telur
  • 400 gr pisang yang sudah matang, cacah kecil (bisa menggunakan pisang muli/kepok/raja)

Lapisan Atas:

  • 500 cc santan kental
  • 50 gr tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 25 gr gula pasir

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, persiapkan bahan untuk lapisan bawah. Rebus santan, gula pasir, dan daun pandan sampai mendidih, lalu matikan api.
  2. Di wadah terpisah, campurkan tepung beras, garam, vanili, dan telur. Aduk rata. Kemudian tuangkan santan panas yang sudah direbus tadi ke dalam campuran tepung, aduk kembali hingga adonan halus dan tidak bergerindil. Jika perlu, saring adonan.
  3. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan dialasi dengan plastik tahan panas. Sisihkan 1/4 bagian adonan untuk dicampur dengan cacahan pisang. Kukus adonan lapisan bawah selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Setelah itu, tambahkan adonan yang sudah dicampur dengan pisang ke dalam loyang, dan kukus kembali selama kurang lebih 20 menit.
  5. Sambil menunggu kukusan lapisan bawah mengeras, persiapkan lapisan atas. Campurkan santan, tepung beras, gula, dan garam, lalu rebus sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api.
  6. Aduk rata adonan hingga halus dan kalis, tanpa ada gerindil.
  7. Tuangkan adonan ini ke atas lapisan bawah yang sudah kukus, kemudian kukus kembali selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang merata.
  8. Setelah matang dan dingin pada suhu ruangan, baru amparan tatak dapat dipotong sesuai selera untuk dinikmati.
Baca Juga :  Manfaat Pisang Raja - Membangkitkan Kekuatan Tradisi dan Kesehatan

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat pisang muli.

Kita telah menjelajahi beragam manfaat yang ditawarkan oleh pisang muli, mulai dari suplai mineral yang penting bagi metabolisme hingga peranannya dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memberikan energi yang berkelanjutan.

Dengan segala kelebihan nutrisinya, pisang muli memang patut diapresiasi sebagai salah satu buah yang tidak hanya menggugah selera tetapi juga mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Oleh karena itu, mari jadikan pisang muli sebagai bagian tetap dalam pola makan sehari-hari, mengintegrasikan kebaikan alami ini ke dalam gaya hidup sehat kita.

Dengan demikian, kita dapat terus menikmati manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh pisang muli, menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar dalam setiap langkah kehidupan kita.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat pisang muli ini, semoga informasi mengenai manfaat pisang muli ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *