Manfaat Nanas Kerang

Manfaat Nanas Kerang dan Cara Menggunakannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Nanas Kerang dan Cara Menggunakannya. Nanas kerang, atau dikenal juga dengan nama ilmiah Rhoeo discolor, adalah salah satu tanaman yang sering dijumpai sebagai tanaman hias.

Namun, di balik keindahan dan keunikan tampilannya, ternyata nanas kerang memiliki beragam manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Dari kandungan kimia yang dimilikinya, tanaman ini mampu memberikan sejumlah manfaat yang signifikan dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan yang umumnya dialami.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai manfaat kesehatan dari nanas kerang, mulai dari penggunaan untuk mengatasi batuk hingga peranannya dalam meredakan sakit TBC.

Mari kita telusuri lebih jauh tentang potensi kesehatan yang tersimpan dalam tanaman nanas kerang.

Tanaman Nanas Kerang

Sebelum membahas manfaat nanas kerang, Hasiltani akan memberikan penjelasan mengenai tanaman ini.

Rhoeo discolor, yang dikenal sebagai Oyster Plant atau Sosongkokan di Indonesia, merupakan tanaman yang memiliki banyak perincian menarik.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Commelinaceae dan berasal dari Meksiko dan India Barat. Keistimewaan tanaman ini seringkali membuatnya menjadi pilihan populer dalam dunia tanaman hias.

Salah satu ciri khas yang membuat Rhoeo discolor menonjol adalah perbedaan warna yang mencolok antara bagian atas dan bawah daunnya.

Hal ini membuatnya sangat menarik bagi para pecinta tanaman hias. Daunnya memiliki warna hijau tua di bagian atasnya, sementara bagian bawahnya berwarna ungu.

Baca Juga :  Tanaman Hydrilla - Jenis, Klasifikasi, dan Ciri-Ciri

Keunikan ini membuatnya menjadi pemandangan yang menarik dan memesona bagi siapa pun yang melihatnya.

Tanaman ini juga memiliki keunikan lain yang tidak banyak ditemukan pada tanaman lainnya.

Perbedaan warna yang jelas antara sisi adaksial (bagian atas) dan sisi abaksial (bagian bawah) daunnya memberikan pesona tambahan bagi tanaman ini.

Kombinasi warna hijau tua dan ungu menambah daya tarik visualnya, menjadikannya pilihan yang populer di antara koleksi tanaman hias.

Berikut adalah klasifikasi ilmiah dari tanaman nanas kerang:

  • Kerajaan: Plantae
  • Subkerajaan: Tracheobionta
  • Superdivisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Subkelas: Commelinidae
  • Ordo: Commelinales
  • Famili: Commelinaceae
  • Genus: Rhoeo
  • Spesies: Rhoeo discolor (Azharion, 2012).

Kandungan Kimia Nanas Kerang

Dalam pembahasan manfaat nanas kerang, Hasiltani akan menjelaskan kandungan kimia pada tanaman nanas kerang.

Informasi tentang kandungan kimia pada nanas kerang masih terbatas (Dewan, 2009).

Namun, telah diketahui bahwa daunnya mengandung lemak, asam format, tanin, dan saponin, sementara batangnya mengandung amigdalin. Bunga nanas kerang juga mengandung saponin dan tanin (Toga, 2010).

Saponin diketahui memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan melindungi tanaman dari serangan serangga (Faure, 2008).

Sedangkan tanin, selain digunakan sebagai astringen yang baik untuk saluran pencernaan dan kulit, juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk diare (Fahrani, 2009).

Manfaat Nanas Kerang

Dari kandungan yang terdapat dalam nanas kerang, tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang beragam, berikut adalah manfaat nanas kerang:

1. Meringankan Sakit TBC dan Mimisan:

Rebusan daun nanas kerang juga dapat digunakan untuk meringankan sakit TBC dan mimisan.

Konsumsi air rebusan beberapa helai daun nanas kerang dapat membantu meredakan gejala TBC, dan juga dapat digunakan untuk mengatasi mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah.

Baca Juga :  Manfaat Serat Daun Pandan Bagi Kehidupan Sehari-hari

2. Mengatasi Batuk dan Masalah Tenggorokan:

Nanas kerang tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga memiliki manfaat untuk mengatasi batuk dan masalah tenggorokan.

Baik batuk berdahak maupun batuk rejan dapat diatasi dengan menggunakan rebusan bunga nanas kerang.

Selain itu, rebusan ini juga bermanfaat untuk bronkitis, flu, dan disentri. Dengan menambahkan daun dan gula jawa pada rebusan daun nanas kerang, juga dapat membantu mengatasi muntah darah.

3. Menghilangkan Memar atau Bengkak Akibat Benturan:

Selain untuk bagian yang terkilir, daun nanas kerang juga dapat membantu menghilangkan memar atau bengkak akibat benturan.

Caranya sama dengan penggunaan untuk bagian tubuh yang terkilir, dengan menghaluskan beberapa helai daun nanas kerang yang sudah dicuci bersih dan kemudian mengoleskannya pada bagian yang mengalami memar atau bengkak.

4. Mengatasi Bagian Tubuh yang Terkilir:

Daun nanas kerang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bagian tubuh yang terkilir.

Caranya cukup mudah dengan menghalungkan beberapa helai daun nanas kerang sesuai kebutuhan, lalu membalurkannya pada bagian tubuh yang terkilir.

Penggunaan daun nanas kerang ini secara berkala dapat membantu mengatasi keluhan pada bagian tubuh yang terkilir.

5. Mengatasi Berak Darah:

Merebus bunga dan daun nanas kerang dengan menambahkan gula enau dan meminum airnya dapat membantu penderita berak darah mengatasi masalah kesehatan ini.

Konsumsi ramuan ini hingga dua gelas sehari dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Penggunaan nanas kerang sebagai obat alternatif ini tentu sebaiknya tetap dibarengi dengan konsultasi medis untuk memastikan keamanan dan dosis yang tepat bagi setiap individu.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat nanas kerang.

Dari uraian di atas, jelas terlihat bahwa nanas kerang bukan hanya sekadar tanaman hias yang menawan, tetapi juga memiliki potensi besar sebagai sumber manfaat bagi kesehatan manusia.

Baca Juga :  Manfaat Gambir Bagi Tubuh

Dengan kandungan kimia yang unik dan beragam, nanas kerang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari batuk hingga berak darah.

Penggunaan tradisional nanas kerang sebagai obat alami telah diwariskan dari generasi ke generasi, menunjukkan kepercayaan akan khasiatnya yang telah teruji.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan nanas kerang sebagai pengobatan alternatif sebaiknya tetap didukung oleh konsultasi dengan tenaga medis yang kompeten.

Dengan demikian, mari terus menjaga keberagaman tanaman ini serta memanfaatkannya secara bijaksana untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan kita.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat nanas kerang ini, semoga informasi mengenai manfaat nanas kerang ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *