Manfaat Ikan Jangkang

Manfaat Ikan Jangkang dan Kandungan Gizinya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Ikan Jangkang dan Kandungan Gizinya. Ikan jangkang, yang sering kali dikenal sebagai “kepiting kecil” di kalangan masyarakat Jawa, telah menjadi sorotan utama dalam dunia kuliner dan kesehatan.

Ditemukan di perairan tawar seperti danau, sungai, dan sawah, ikan jangkang menyimpan beragam kandungan gizi yang memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejumlah manfaat yang terkandung dalam ikan jangkang, mulai dari nilai gizi hingga variasi hidangan lezat yang dapat disiapkan dari ikan ini.

Mari kita selami keajaiban manfaat ikan jangkang untuk kesehatan dan kenikmatan kuliner kita sehari-hari.

Ikan Jangkang

Sebelum membahas mengenai manfaat ikan jangkang, Hasiltani akna memberikan penjelasan tentang ikan jangkang.

Ikan jangkang, sebagai bagian dari kelompok crustaceae berkaki sepuluh, secara menarik hanya memiliki delapan kaki.

Meskipun bentuknya menyerupai kepiting, banyak orang di beberapa daerah sering menyebut kepiting sebagai ikan jangkang.

Habitat alaminya yang khas di sekitar hutan mangrove memberikan keunikan tersendiri pada cita rasa kepiting jangkang yang menjadi pilihan favorit di meja makan para penikmat kuliner.

Kepiting jangkang sering dikenal sebagai “kepiting kecil” oleh sebagian masyarakat Jawa yang mendiami daerah berair tawar.

Kepiting ini umumnya dijadikan bahan makanan dengan berbagai olahan, seperti pepes dan botok kepiting.

Kepiting jangkang memiliki ukuran yang kecil, memudahkan dalam proses pengolahan tanpa perlu melewati tahapan pembersihan yang kompleks seperti halnya kepiting berukuran besar.

Baca Juga :  Manfaat di Gigit Pacet yang Luar Biasa Untuk Manusia

Manfaat Ikan Jangkang

Berikut adalah beberapa manfaat ikan jangkang:

1. Mencegah Penuaan Dini

Tingginya kandungan protein pada ikan jangkang, berbeda dengan manfaat yang dimiliki oleh ikan teri medan, dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Dengan regenerasi yang cepat, ikan jangkang dapat menghambat proses penuaan dini, mencegah keriput di wajah, tangan, dan leher.

2. Menurunkan Kolesterol

Ikan jangkang memiliki kandungan omega-3 yang berbeda dengan manfaat yang terdapat pada ikan teri nasi, yaitu dapat membantu menstabilkan, mengontrol, dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Tingginya kadar kolesterol dapat menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Bahkan, industri obat herbal telah menghasilkan inovasi baru dengan menggunakan ikan jangkang sebagai bahan dasar untuk produk obat.

3. Mencerdaskan Otak Bayi

Bagi wanita hamil yang ingin memiliki anak yang cerdas, mengkonsumsi minimal 100 gram ikan jangkang setiap bulan dapat sangat efektif.

Ini dapat merangsang perkembangan sistem saraf dan kecerdasan pada bayi yang dikandung. Dengan perkembangan sistem saraf yang cepat, anak yang lahir akan lebih responsif dan cepat memahami berbagai hal, meningkatkan tingkat kecerdasan mereka.

4. Membantu Proses Metabolisme

Bagi mereka yang mengalami gangguan pada sistem metabolisme tubuh, konsumsi ikan jangkang dapat membantu meningkatkan proses metabolisme.

Kandungan gizi pada ikan jangkang, sebagaimana yang terdapat pada ikan dori, dapat mendukung pembakaran energi dan fungsi ginjal, sehingga proses metabolisme, termasuk pengeluaran melalui keringat dan urin, menjadi lebih lancar.

Kandungan Gizi Ikan Jangkang

Setelah membahas manfaat ikan jangkang, Hasiltani juga membahas kandungan gizi dari ikan jangkang.

Ikan jangkang menjadi sumber nutrisi yang kaya dengan berbagai zat penting untuk kesehatan.

Baca Juga :  Mengenal Garangan dan Manfaat Daging Garangan

Berikut adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam ikan jangkang:

  1. Kalori
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Omega-3
  5. Kalsium
  6. Fosfor
  7. Zat besi
  8. Vitamin A, B1, C

Berbeda dengan kepiting, ikan jangkang dapat ditemui di daerah perairan tawar seperti danau, sungai, ataupun sawah.

Dengan beragam zat gizi yang terkandung dalam ikan jangkang, banyak orang mencari dan mengolahnya menjadi berbagai menu masakan.

Beberapa contoh menu masakan yang menggunakan ikan jangkang antara lain ikan jangkang sambal balado, ikan jangkang goring telur, ikan jangkang sayur kuning, dan masih banyak lagi.

Kehadiran ikan jangkang dalam variasi masakan memberikan pilihan lezat dan bergizi bagi para pencinta kuliner.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat ikan jangkang.

Sebagai penutup, ikan jangkang tidak hanya menjadi pilihan lezat dalam kuliner, tetapi juga menjadi sumber manfaat kesehatan yang signifikan.

Dengan kandungan gizi yang melibatkan protein, omega-3, kalsium, dan vitamin beragam, ikan jangkang telah terbukti mendukung fungsi tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Variasi menu masakan yang dapat dihasilkan dari ikan jangkang, seperti ikan jangkang sambal balado atau ikan jangkang goring telur, tidak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga memberikan manfaat nutrisi yang berlimpah.

Mari kita terus mengapresiasi keberagaman kuliner lokal, serta menjadikan ikan jangkang sebagai alternatif sehat dalam menu harian kita.

Dengan memanfaatkan manfaat ikan jangkang secara bijak, kita tidak hanya merasakan nikmatnya cita rasa, tetapi juga memberikan dukungan positif bagi kesehatan tubuh.

Selamat menikmati kelezatan dan manfaat kesehatan yang tersembunyi dalam setiap sajian ikan jangkang!

Terimakasih telah membaca artikel manfaat ikan jangkang ini, semoga informasi mengenai manfaat ikan jangkang ini bermanfaat untuk Sobat.

Baca Juga :  Manfaat Telur Kepiting - Keajaiban Nutrisi yang Tersembunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *