Manfaat Gas Argon Bagi Kehidupan

Melangkah Lebih Jauh – Menggali Manfaat Gas Argon Bagi Kehidupan

Diposting pada

Hasiltani.id – Melangkah Lebih Jauh – Menggali Manfaat Gas Argon Bagi Kehidupan.Gas Argon, dengan segala sifat uniknya, telah membuktikan keberadaannya sebagai elemen yang berharga dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Dari penggunaannya dalam industri hingga aplikasi medis, argon telah menunjukkan beragam manfaat yang signifikan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam manfaat gas argon bagi kehidupan kita sehari-hari, membawa pemahaman yang lebih dalam tentang kontribusinya yang tak tergantikan dalam berbagai bidang.

Mari kita telusuri bagaimana gas argon tidak hanya menjadi bagian penting dari proses industri, tetapi juga memberikan dampak positif yang nyata dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Mengenal Apa itu Gas Argon

Sebelum membahas mengenai manfaat gas Argon bagi kehidupan, Hasiltani akan menjelaskan mengenai gas Argon ini.

Argon adalah unsur kimia yang memiliki simbol Ar dan nomor atom 18. Berada dalam golongan 18 dalam tabel periodik, argon termasuk dalam kategori gas mulia.

Gas ini merupakan salah satu gas paling umum di atmosfer bumi, dengan konsentrasi sebesar 0,934% (9.340 ppmv).

Angka ini menjadikan argon sebagai gas kedua dengan kelimpahan tertinggi setelah nitrogen dan dua kali lebih umum daripada uap air (rata-rata 4.000 ppmv, namun bervariasi), serta 23 kali lebih umum daripada gas atmosfer lainnya seperti karbon dioksida (400 ppmv) dan lebih dari 500 kali lebih umum daripada neon (18 ppmv).

Baca Juga :  Manfaat Platina - Mengungkap Keajaiban Logam Mulia dalam Berbagai Aspek

Nama “argon” berasal dari bahasa Yunani αργος yang berarti “malas” atau “tak aktif”, yang merujuk pada sifatnya yang jarang mengalami reaksi kimia.

Kestabilan argon disebabkan oleh oktet lengkap (delapan elektron) pada kulit elektron terluarnya, menjadikannya tahan terhadap ikatan dengan unsur lainnya.

Temperatur titik tripelnya, yaitu 83,8058 K, adalah nilai yang penting dalam International Temperature Scale 1990.

Argon diproduksi secara industri melalui proses distilasi fraksi udara cair.

Penggunaan utama argon adalah sebagai gas pelindung inert dalam proses industri, terutama dalam pengelasan dan proses bersuhu tinggi di mana bahan-bahan yang biasanya tidak reaktif menjadi reaktif.

Contohnya, atmosfer argon digunakan dalam tanur listrik grafit untuk mencegah terbakarnya grafit. Selain itu, argon juga digunakan dalam lampu pijar, pendar, dan jenis tabung pelepasan lainnya.

Sifat khas argon juga membuatnya menjadi bahan yang digunakan dalam pembuatan laser gas berwarna biru-hijau serta sebagai pencetus cahaya dalam lampu tabung.

Manfaat Gas Argon Bagi Kehidupan

Berikut adalah manfaat gas argon bagi kehidupan:

1. Pemanfaatan dalam Bola Lampu:

Gas Argon digunakan dalam bola lampu sebagai pelindung untuk mencegah terbakarnya pijaran.

Sifat inertnya membuatnya efektif dalam menahan panas dari cahaya lampu.

2. Penggunaan pada Proses Pengelasan:

Argon digunakan sebagai pelindung saat proses pengelasan untuk melindungi dari cipratan bunga api.

Sifat inert argon membantu menjaga material yang terlibat dalam pengelasan.

3. Dalam Pembuatan Titanium:

Dalam proses pembuatan titanium, argon digunakan sebagai pelindung untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan dengan logam lainnya.

Hal ini membantu menjaga kestabilan titanium.

4. Penggunaan dalam Kedokteran:

Argon juga bermanfaat dalam dunia kedokteran, terutama dalam pengobatan kanker.

Penggunaan argon untuk membekukan dan membunuh sel kanker telah terbukti efektif, bahkan telah digunakan dalam pengobatan kanker sejak tahun 2000 di Tiongkok.

Baca Juga :  Manfaat Geografi dalam Pemahaman dan Pengelolaan Lingkungan

5. Penggunaan dalam Laboratorium:

Argon digunakan sebagai gas pelindung atau inert dalam alat-alat laboratorium seperti kromatograf untuk meningkatkan akurasi hasil analisis.

6. Sebagai Pengisi Tabung Fluorescence:

Gas Argon digunakan dalam tabung fluorescence untuk meningkatkan efisiensi produksi cahaya dibandingkan dengan gas lainnya.

7. Dalam Industri:

Argon digunakan dalam industri besi dan baja untuk mencegah oksidasi selama proses peleburan serta memperkuat struktur baja.

Selain itu, argon juga digunakan dalam industri mobil super untuk meningkatkan performa ban.

8. Penggunaan dalam Alat Scuba Diving:

Argon digunakan dalam drysuit peralatan scuba diving karena kemampuannya untuk menahan panas, sehingga membantu drysuit untuk mengembang dengan baik.

Gas Argon memiliki berbagai manfaat yang luas dalam berbagai bidang, mulai dari industri hingga pengobatan, berkat sifat inert dan kemampuannya untuk melindungi dan meningkatkan kinerja berbagai proses dan peralatan.

Perbedaan Antara Gas Argon Dengan CO2

Setelah membahas mengenai manfaat gas Argon bagi kehidupan, Hasiltani akan menjelaskan mengenai perbedaan gas Argon dan CO2.

Argon adalah gas yang biasanya digunakan sebagai gas pelindung dalam proses pengelasan.

Banyak industri besar lebih memilih pengelasan dengan gas argon daripada menggunakan las listrik karena hasil pengelasan dengan argon, atau yang biasa disebut GMAW (Gas Metal Arc Welding), tidak menghasilkan kotoran yang menempel pada hasil lasan, berbeda dengan las listrik yang sering meninggalkan kotoran.

Selain digunakan dalam industri pengelasan, gas argon juga telah digunakan dalam pembuatan lampu pijar. Sifat argon yang mudah larut dalam air, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar membuatnya sangat bermanfaat dalam berbagai aplikasi.

Di sisi lain, karbondioksida memiliki sifat yang berbeda jauh dari gas argon. CO2 adalah sejenis senyawa kimia yang terbentuk dari dua atom oksigen dengan satu atom karbon.

Baca Juga :  Manfaat Batu Embun dan Daya Tarik Spiritual Mustika Embun

Biasanya, CO2 dihasilkan oleh tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme di bumi. Tumbuhan menghirup CO2 dan mengeluarkan oksigen, sehingga CO2 menjadi komponen penting dalam siklus karbon. CO2 juga tidak berwarna dan tidak berbau.

Setelah mengetahui perbedaan antara kedua jenis gas tersebut, Sobat mungkin tertarik untuk memiliki salah satunya.

Jika Sobat membutuhkan proses pengelasan dalam pekerjaan Sobat, maka gas argon bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat gas Argon bagi kehidupan.

Dapat kita simpulkan bahwa gas Argon tidak hanya sekadar sebuah unsur kimia dalam tabel periodik, tetapi juga sebuah sumber daya yang berharga bagi kehidupan manusia.

Dari industri hingga kedokteran, dari pengelasan hingga penelitian laboratorium, manfaat gas Argon sangatlah luas dan beragam.

Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang karakteristik dan aplikasi gas ini, kita dapat lebih menghargai kontribusinya yang tak tergantikan dalam memajukan berbagai bidang kehidupan manusia.

Melalui penelitian yang terus berkembang dan inovasi dalam pemanfaatannya, kita dapat terus mengoptimalkan manfaat gas Argon untuk kesejahteraan dan kemajuan kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat gas Argon bagi kehidupan ini, smeoga informasi mengenai manfaat gas Argon bagi kehidupan ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *