Manfaat Damar

Manfaat Damar – Kayu hingga Getahnya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Damar – Kayu hingga Getahnya. Damar, dengan segala keindahan alam dan kekayaan sumber daya yang dimilikinya, membawa berbagai manfaat yang tak terhingga.

Dikenal sebagai salah satu sumber ekonomi yang penting, pohon damar tidak hanya menyumbang keberlanjutan ekonomi tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang beragam manfaat damar, dari kegunaan ekonomisnya dalam industri hingga peran pentingnya dalam menjaga lingkungan hidup.

Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang manfaat damar, kita dapat mengapresiasi potensi alam yang dimiliki dan mendukung upaya pelestariannya untuk generasi mendatang.

Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang bagaimana keberadaan damar tidak hanya menjadi sumber daya alam, tetapi juga sebagai harapan bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Pohon Damar

Pohon dengan nama ilmiah Agathis, yang lebih dikenal sebagai pohon damar atau dalam bahasa Maori disebut kauri, adalah bagian dari marga yang terdiri dari 21 spesies pohon yang selalu hijau dari famili konifer purba Araucariaceae.

Pohon ini merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tersebar luas di Tanah Papua.

Agathis dammara, atau pohon damar, memiliki karakteristik yang mencolok dengan tinggi mencapai 65 meter dan batangnya yang silindris dan lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter.

Kulit batangnya bervariasi dari abu-abu muda hingga coklat kemerahan.

Pohon ini tersebar luas di wilayah Papua dan dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Getahnya memiliki banyak kegunaan dalam industri, seperti pembuatan korek api, plastik, plester, vernis cat, dan kosmetik.

Masyarakat Kampung Bariat di Sorong, Papua, telah mewarisi tradisi memanfaatkan getah damar ini untuk pengobatan secara turun-temurun, sesuai dengan adat istiadat yang dijunjung tinggi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Bertanam Pepaya dalam Pot

Pemanfaatan getah damar di Tanah Papua diatur dengan ketat untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah eksploitasi berlebihan.

Selain nilai budaya yang dijunjung tinggi, getah pohon damar juga memiliki nilai penting dalam bidang kesehatan.

Banyak senyawa dan enzim yang terkandung dalam getah pohon damar digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat Kampung Bariat, Sorong, Papua.

Manfaat Damar

Pohon damar memiliki beragam pemanfaatan, baik dari bagian batang kayunya maupun dari getahnya sendiri.

Berikut adalah beberapa manfaat dari pohon damar yang mencakup berbagai aspek:

  1. Pembuatan Kopal: Kopal, hasil olahan dari resin getah pohon damar, sangat penting dalam industri kertas. Kopal digunakan sebagai lapisan pada kertas untuk mencegah penyebaran tinta.
  2. Mencegah Banjir: Dengan batang kayu yang besar, kayu damar memiliki akar yang mampu menyerap air dalam jumlah yang signifikan. Akar ini berperan dalam menahan air, sehingga membantu mencegah terjadinya banjir di sekitar lingkungan tempat tumbuhnya.
  3. Sebagai Kayu Penyangga Atap Rumah: Meskipun tidak sekuat jenis kayu lainnya, kayu damar sering digunakan sebagai bagian dari kerangka atap rumah.
  4. Sebagai Hiasan dan Peneduh: Pohon damar sering ditanam untuk memberikan teduh dan sebagai pohon hiasan di taman ataupun di pinggiran jalan.
  5. Pembuatan Dupa: Kayu dari pohon damar digunakan dalam pembuatan dupa untuk ritual keagamaan dan adat.
  6. Pembungkus Kabel Bawah Tanah: Resin dari pohon damar digunakan sebagai pelapis untuk melindungi jalur kabel bawah tanah dan di dasar laut.
  7. Bahan Campuran Pewarna Kain Batik: Resin damar sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan pewarna untuk batik.
  8. Bahan Campuran Minyak Wangi atau Parfum: Ekstrak dari pohon damar sering digunakan dalam pembuatan parfum sebagai salah satu campuran untuk menciptakan aroma tertentu.
  9. Sebagai Lem: Resin dari kayu damar digunakan sebagai bahan pembuatan lem, terutama untuk kapal dan berbagai jenis furniture kayu.
  10. Sebagai Mata Cincin: Selain sebagai pelapis kertas, kopal juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan cincin karena dapat mengeras dan mengeluarkan warna yang indah setelah membeku.
  11. Penyedia Oksigen: Melalui proses fotosintesis pada daunnya, kayu damar juga berperan dalam menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi kehidupan. Kontribusinya dalam siklus oksigen sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan atmosfer.
  12. Sebagai Vernis: Resin dari pohon damar sering digunakan sebagai bahan pembuatan vernis untuk memberikan kilau pada meubel kayu dan lukisan-lukisan.
  13. Pelapis Pada Korek Api: Kayu damar digunakan sebagai lapisan pada korek api untuk mencegah mudahnya terbakar saat dinyalakan.
Baca Juga :  Tanaman Hydrilla - Jenis, Klasifikasi, dan Ciri-Ciri

Manfaat Ekonomi Getah Damar Bagi Masyarakat

Manfaat ekonomi dari pemanfaatan getah damar bagi masyarakat dapat diukur berdasarkan hasil produksi dan harga jual getah damar.

Pendapatan dari getah damar dihitung dengan cara mengalikan produktivitas getah damar per tahun dengan harga jual getah damar yang berlaku pada saat itu di lokasi penelitian.

Pada umumnya, tidak ada penggolongan kualitas damar saat proses pembelian dari pedagang pengumpul, sehingga damar dibeli dengan harga yang seragam di semua tempat pengumpulan.

Kegiatan pemanenan getah damar dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Sebelum melakukan pemanenan, dilakukan kegiatan membersihkan pohon damar dari tanaman-tanaman pengganggu yang dapat mengganggu produktivitas getah damar.

Pohon damar yang terpilih untuk disadap memiliki diameter minimal 20 cm. Proses sadap dilakukan dengan melukai kulit batangnya agar getah damar dapat mengalir keluar.

Setiap 15 hari sekali, pohon damar dilukai kembali di tempat luka sebelumnya agar produksi getah semakin banyak.

Setelah tiga bulan, getah dipanen menggunakan peralatan khusus seperti parang palele, tambu-tambu, dan karung.

Proses pemanenan biasanya berlangsung selama 10 hingga 15 hari, tergantung pada luas lahan dan jumlah pohon di dalamnya.

Berdasarkan hasil wawancara dengan responden, rata-rata jumlah pohon damar yang dimiliki oleh responden adalah 50 pohon per hektar, dengan rata-rata produksi getah per pohon sebesar 2.685 kg per tahun.

Dengan harga jual getah damar sebesar Rp10.000,00 per kilogram, maka rata-rata pendapatan responden dari penjualan getah damar adalah sebesar Rp26.850.000,00 per tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan getah damar memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat damar.

Dari keseluruhan pembahasan tentang manfaat damar, kita dapat melihat betapa pentingnya peran pohon ini dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan menyediakan sumber penghidupan bagi banyak orang.

Baca Juga :  Manfaat Batang Sereh dan Cara Mengkonsumsinya

Namun, untuk memastikan kelangsungan manfaat damar ini, perlindungan terhadap habitatnya serta pengelolaan yang berkelanjutan sangatlah penting.

Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melestarikan kekayaan alam ini demi kesejahteraan masa depan.

Dengan memahami dan menghargai manfaat damar, kita juga berkomitmen untuk melindungi dan mengelola sumber daya alam dengan bijaksana.

Masa depan manfaat damar terletak pada tangan kita. Dengan tindakan yang tepat dan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam, kita dapat memastikan bahwa manfaat damar akan tetap berkelanjutan bagi generasi-generasi mendatang.

Mari bersama-sama menjadi agen perubahan untuk menjaga kelestarian alam dan menikmati manfaat damar yang tak ternilai.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat damar ini, semoga informasi mengenai manfaat damar ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *