Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias

Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Hasiltani.id – Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias yang Perlu Diketahui.Ikan Mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia.

Ikan ini dikenal dengan keindahan warna sisiknya dan dianggap sebagai ikan yang bernilai ekonomis tinggi. Terdapat dua jenis ikan mas yang umum ditemui, yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias, karakteristik unik masing-masing jenis, serta kegunaan dan manfaatnya.

Ikan Mas Konsumsi

Sejarah Ikan Mas Konsumsi

Ikan Mas telah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini telah menjadi salah satu bahan makanan utama dalam tradisi kuliner Indonesia.

Penggemaran terhadap ikan mas sebagai bahan konsumsi telah ada sejak zaman dahulu, dan ikan ini biasanya digunakan dalam berbagai hidangan seperti pepes, pindang, atau digoreng.

Ciri-ciri Ikan Mas Konsumsi

  • Tubuh ikan mas konsumsi berbentuk silinder dan ramping.
  • Warna tubuhnya umumnya kecokelatan.
  • Ikan mas konsumsi memiliki sisik yang cukup besar dan kuat.
  • Ukuran ikan mas konsumsi umumnya lebih besar dibandingkan dengan ikan mas hias.

Manfaat Ikan Mas Konsumsi

  • Ikan mas konsumsi mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
  • Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan mas konsumsi baik untuk kesehatan jantung.
  • Ikan mas konsumsi juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis Ikan Mas Konsumsi

1. Ikan Mas Lokal

Ikan mas ini belum termasuk dalam ras atau jenis ikan mas yang terdefinisi. Meskipun demikian, ikan ini sangat umum ditemui dan dikenal oleh petani ikan saat ini.

Bentuk tubuh dan warnanya merupakan kombinasi dari beberapa jenis ikan mas yang sudah ada. Secara umum, tubuhnya memanjang dan matanya tidak sipit.

Kemungkinan besar, ikan ini muncul akibat perkawinan silang yang tidak terkontrol dengan berbagai jenis ikan mas lainnya yang ada di masyarakat.

Baca Juga :  Jenis Ikan Hias Rasbora Wader Populer - Panduan Lengkap

2. Ikan Mas Merah

Ciri khas dari ikan mas ini adalah sisiknya yang berwarna merah keemasan. Gerakannya aktif, tidak jinak, dan suka mengaduk-aduk dasar kolam.

Bentuk badannya relatif memanjang. Posisi punggungnya lebih rendah dan tidak lancip dibandingkan dengan ikan mas sinyonya. Matanya agak menonjol.

3. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya

Asal-usul nama ikan jenis ini tidak diketahui dengan pasti. Beberapa orang menyebutnya sebagai ikan mas sinyonya karena mudahnya ikan ini bertelur.

Bentuk tubuhnya memanjang dan punggungnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas punten. Perbandingan panjang dan tinggi badannya sekitar 3,66 banding 1.

Sisiknya berwarna kuning muda, mirip dengan warna kulit jeruk sitrus. Pada ikan yang masih muda, mata sedikit menonjol, namun menjadi sipit ketika ikan dewasa.

Sifat ikan mas sinyonya lebih jinak daripada ikan ras punten. Ikan mas sinyonya cenderung berkumpul di permukaan air.

Fekunditas atau jumlah telur ikan mas sinyonya berkisar antara 85.000 hingga 125.000, dengan diameter telur sekitar 0,3 hingga 1,5 mm.

Ikan mas jantan mencapai kematangan seksual pada usia 8 bulan, sementara betinanya mencapai kematangan seksual pada usia 18 bulan. Ikan mas sinyonya tahan terhadap parasit Myxosporea. Kisaran toleransi pH-nya adalah 5,5 hingga 8,5.

4. Ikan Mas Taiwan

Ikan mas Taiwan memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan punggungnya agak membulat seperti busur. Sisiknya berwarna hijau kekuningan hingga kuning kemerahan di tepi sirip dubur dan bagian bawah sirip ekor.

Ikan mas Taiwan sangat responsif terhadap makanan, sehingga akan berebutan saat diberi pakan. Diduga nenek moyang ikan mas ini berasal dari Taiwan dan kemudian diintroduksi serta dikembangkan di Indonesia.

5. Ikan Mas Punten

Ras ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1933 di Desa Punten, Malang, Jawa Timur. Tubuhnya relatif pendek, tetapi bagian punggungnya lebar dan tinggi. Oleh karena itu, ikan mas punten memiliki bentuk badan yang terlihat membuntak atau bulat pendek (perut besar). Perbandingan panjang total dan tinggi badannya adalah 2,3-2,4 banding 1. Sisiknya berwarna hijau gelap, matanya sedikit menonjol, gerakan tubuhnya lambat, dan memiliki sifat yang jinak.

6. Ikan Mas Majalaya

Seperti namanya, ikan mas hitam ini dikembangkan pertama kali di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ukuran tubuhnya relatif pendek dan punggungnya lebih membungkuk dan lancip dibandingkan dengan ras ikan mas lainnya.

Perbandingan panjang dan tinggi tubuhnya adalah 3,2 banding 1. Bentuk tubuhnya semakin lancip ke arah punggung dan moncongnya pipih.

Ikan mas ini memiliki sifat yang relatif jinak dan biasa berenang di permukaan air. Sisiknya berwarna hijau keabuan, dengan tepi yang lebih gelap, kecuali di bagian bawah insang dan bawah sirip ekor yang berwarna kekuningan.

Baca Juga :  Jenis Ikan Nila yang Cepat Besar dan Bagus - Panduan Lengkap

Semakin ke arah punggung, warna sisik ikan ini semakin gelap. Ikan mas Majalaya memiliki beberapa keunggulan, di antaranya pertumbuhannya yang cepat, tahan terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila, rasanya yang lezat dan gurih, serta penyebarannya yang luas di Indonesia.

Fekunditas atau jumlah telur yang dihasilkan oleh ikan mas Majalaya tergolong tinggi, yaitu sekitar 84.000 hingga 110.000 butir per kilogram induk.

7. Ikan Mas Yamato

Ikan mas ini belum banyak dikenal di kalangan petani ikan mas di Indonesia. Bentuk tubuhnya memanjang. Sisiknya berwarna hijau kecokelatan.

Ikan mas Yamato ini sering ditemukan dan dibudidayakan di wilayah Asia Timur, seperti Cina dan Jepang.

Ikan Mas Hias

ikan mas konsumsi dan ikan mas hias

Sejarah Ikan Mas Hias

Ikan Mas Hias merupakan hasil perkembangan seleksi genetik dari ikan mas konsumsi. Keindahan warna dan corak sisiknya membuat ikan ini diminati sebagai hiasan dalam akuarium.

Budidaya ikan mas hias juga telah menjadi industri yang menarik di Indonesia.

Ciri-ciri Ikan Mas Hias

  • Tubuh ikan mas hias umumnya lebih bulat dan berwarna-warni.
  • Ikan ini memiliki sisik yang lebih halus dan berkilau.
  • Ikan mas hias memiliki ekor yang lebih panjang dan indah.

Keindahan dan Varietas Warna

Ikan mas hias dikenal karena keindahan warna sisiknya. Beberapa varietas warna ikan mas hias yang populer antara lain merah, kuning, oranye, dan hitam.

Keindahan warna inilah yang membuat ikan mas hias menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia akuarium.

Manfaat Ikan Mas Hias

  • Ikan mas hias memberikan keindahan visual dalam akuarium dan taman air.
  • Memiliki ikan mas hias dapat memberikan rasa relaksasi dan menenangkan.
  • Kepopuleran ikan mas hias juga mendorong industri perdagangan ikan hias di Indonesia.

Jenis Ikan Mas Hias

1. Ikan Mas Koi

Ikan mas koi, atau lebih dikenal sebagai koi, berasal dari Jepang. Ikan ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980. Bentuk tubuhnya bulat memanjang.

Warna sisiknya sangat beragam, mulai dari putih, kuning, merah terang, hitam, hingga kombinasi berbagai warna tersebut.

Pecinta ikan mas biasanya menyukai jenis koi karena warna dan pola totolnya yang indah dan menarik. Koi juga disukai karena gerakannya yang lambat dan kepribadiannya yang cukup jinak.

Ikan koi memiliki beragam nama yang sesuai dengan pola dan warna tubuhnya, seperti platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi, dan taishusanshoku nishikigoi.

2. Ikan Mas Kancra Domas

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang. Gerakannya mirip dengan ikan mas Taiwan, yaitu selalu aktif dan kurang jinak.

Sisiknya berukuran kecil dan susunannya tidak teratur. Warna sisiknya bervariasi, termasuk biru, cokelat, atau hijau.

Sisik di bagian punggungnya berwarna gelap, namun semakin ke arah perut, warnanya semakin terang keperakan atau keemasan.

3. Ikan Mas Kaca

Ciri khas ikan ini adalah sebagian tubuhnya tidak memiliki sisik. Bagian yang tidak memiliki sisik tampak transparan seperti kaca.

Baca Juga :  Manfaat Ikan Bloso untuk Kesehatan

Di sepanjang garis sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih yang mengilap. Sisik-sisik tersebut memiliki ukuran yang besar dan tidak teratur.

4. Ikan Mas Kumpay

Ciri yang mencolok dari ikan mas kumpay adalah semua siripnya panjang dan berumbai, memberikan tampilan yang indah saat ikan tersebut bergerak.

Warna sisiknya sangat beragam, mulai dari putih, kuning, merah, hingga hijau gelap. Bentuk tubuhnya memanjang seperti ikan mas sinyonya.

Pertumbuhannya relatif lambat. Kadang-kadang, ikan mas ini juga digunakan sebagai ikan konsumsi.

5.  Ikan Mas Fancy

Bentuk tubuh ikan mas ini memanjang. Sisiknya memiliki warna putih, kuning, dan merah. Di tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam.

Karena memiliki kombinasi warna yang beragam, ikan mas ini disebut sebagai ikan mas fancy.

Perbedaan Antara Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias

1. Perbedaan Morfologi

Ikan mas konsumsi memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan kecokelatan, sedangkan ikan mas hias memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan berwarna-warni.

2. Perbedaan Lingkungan Hidup

Ikan mas konsumsi umumnya hidup di kolam atau sungai dengan kondisi air yang alami.

Sementara itu, ikan mas hias biasanya dipelihara dalam akuarium yang dikontrol secara khusus dengan perlengkapan tambahan seperti filter dan pemanas air.

3. Perbedaan Tujuan Pemeliharaan

Ikan mas konsumsi dipelihara dengan tujuan untuk dikonsumsi sebagai makanan, sedangkan ikan mas hias dipelihara untuk tujuan estetika dan keindahan visual.

Kepopuleran Ikan Mas di Indonesia

1. Konsumsi Ikan Mas di Indonesia

Ikan mas konsumsi masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menyajikan hidangan khas. Rasanya yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi menjadikan ikan mas sebagai pilihan yang populer.

2. Pemeliharaan Ikan Mas Hias di Indonesia

Pemeliharaan ikan mas hias juga semakin populer di Indonesia. Banyak pecinta ikan hias yang menekuni hobinya dengan memelihara dan mengoleksi berbagai jenis ikan mas hias dengan warna yang unik.

Kesimpulan

Demikian artikel ini, Hasiltani.id telah membahas mengenai Jenis Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias. Ikan mas memiliki dua jenis utama, yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias. Kedua jenis ini memiliki perbedaan dalam morfologi, lingkungan hidup, dan tujuan pemeliharaan.

Ikan mas konsumsi merupakan sumber protein dan nutrisi penting dalam makanan, sementara ikan mas hias memberikan keindahan visual dalam akuarium.

Kepopuleran ikan mas di Indonesia menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap jenis ikan ini, baik sebagai bahan makanan maupun sebagai hiasan dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *