Cara Sambung Celah Pada Bunga Kertas

Inilah Cara Sambung Celah Bunga Kertas yang Mudah dan Praktis

Diposting pada

Hasiltani.id – Inilah Cara Sambung Celah Bunga Kertas yang Mudah dan Praktis. Bunga kertas adalah tanaman hias yang populer karena keindahannya. Namun, terkadang bunga kertas dapat mengalami kerusakan pada bagian batangnya, seperti terputus atau patah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan sambung celah bunga kertas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara melakukan sambung celah bunga kertas agar tanaman tetap tumbuh dan berbunga dengan baik.

Apa Itu Sambung Celah Pada Bunga Kertas?

Sambung celah pada bunga kertas adalah proses penyambungan kembali bagian batang yang terputus atau patah pada bunga kertas. Tujuan dari sambung celah ini adalah untuk memperbaiki tanaman yang rusak sehingga dapat melanjutkan pertumbuhannya.

Keuntungan Dari Sambung Celah Pada Bunga Kertas

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan sambung celah pada bunga kertas.

Pertama, sambung celah memungkinkan tanaman untuk tetap hidup dan melanjutkan pertumbuhannya.

Kedua, dengan melakukan sambung celah, Sobat Tani dapat menghindari kehilangan tanaman yang mungkin telah tumbuh dengan baik selama beberapa waktu.

Langkah-langkah Melakukan Sambung Celah

1. Memotong Batang Bunga Kertas

  • Persiapan Batang Bawah

Batang bawah yang menjanjikan dapat diperoleh dari tanaman bougenville yang masih hidup atau bonggolan bougenville yang telah dipindahkan ke dalam pot. Batang bougenville yang tumbuh besar namun dipangkas secara teratur akan memiliki banyak cabang. Sebaiknya lakukan pemangkasan daun hingga habis terlebih dahulu, sambil memilih cabang utama yang akan disambungkan.

Baca Juga :  Memahami Manfaat Pohon Sagu - Kesehatan, Pangan, dan Industri

Gambar calon batang bawah yang menarik, pendek, dan mirip tanaman bonsai. Tanaman ini dapat direpotting dan disambungkan dengan bunga kertas berbagai warna. Apabila berhasil, harganya dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tanaman bougenville dengan bonggol besar dan bunga berwarna-warni sangat diminati sebagai ornamen pusat di taman rumah.

Potonglah cabang yang akan disambung menggunakan gergaji dengan gerakan mendatar. Irislah tepi batang dengan menggunakan pisau atau silet yang tajam dan bersih. Pastikan irisan memiliki kedalaman yang seragam sepanjang irisan tersebut. Di celah irisan ini nantinya akan ditempatkan entres atas.

Permukaan yang diiris dapat diambil dari bagian atas permukaan melingkar batang atau diambil dari sisi samping seperti pada sambungan sisip samping.

Jika diameter lingkaran cabang yang dipotong cukup besar, buat irisan di beberapa tempat di sekeliling lingkaran tersebut. Dari celah irisan cabang bawah ini, dapat diisi dengan beberapa entres sekaligus.

  • Persiapan entres atas

Proses untuk entres atas mirip dengan proses sambung pucuk. Ambil cabang atas dari pohon lain yang memiliki warna bunga yang berbeda. Potonglah cabang tersebut dengan panjang beberapa sentimeter, lalu buat irisan yang membentuk baji atau kepala kampak.

Karena irisan memiliki panjang yang cukup, siapkan beberapa entres atas untuk dimasukkan ke dalam irisan batang bawah yang sama.

2. Menyambungkan Dua Bagian Bunga Kertas

  • Selipkanlah entres atas ke batang bawah dengan hati-hati. Dalam praktek ini, masukkan dua entres sekaligus. Ikatlah dengan tali plastik atau menggunakan tali rafia. Pastikan ikatan tidak terlalu kuat namun juga tidak terlalu longgar.
  • Jika ikatan terlalu kuat, entres atas bisa saja terhancur, sedangkan jika terlalu lemah, penempelan permukaan tidak akan maksimal. Percayakan pada insting Sobat Tani untuk mendapatkan ikatan yang pas.
  • Setelah pengikatan selesai, langkah selanjutnya adalah melindungi dengan menggunakan sungkup plastik. Beberapa praktisi hanya membungkus sambungan dengan plastik kecil tanpa mengikatnya, sementara yang lain melakukan pengikatan di ujung akhir plastik. Yang penting adalah menutupinya untuk menjaga kelembaban.
Baca Juga :  Manfaat Jengkol Muda dan Resep Masakannya

Perawatan Setelah Melakukan Sambung Celah

Setelah melakukan sambung celah bunga kertas, perawatan yang tepat sangat penting untuk memastikan tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang perlu dilakukan:

1. Memberikan perlindungan tambahan pada sambungan celah

Setelah sambung celah dilakukan, pastikan sambungan tersebut mendapatkan perlindungan tambahan. Sobat Tani dapat menggunakan kawat atau pita elastis untuk mengikat bagian yang disambung agar tetap kokoh dan tidak terlepas.

Hal ini akan membantu menjaga integritas sambungan celah saat tanaman tumbuh.

2. Menjaga kelembaban dan pencahayaan yang tepat

Bunga kertas membutuhkan kelembaban yang cukup untuk pertumbuhannya. Pastikan tanah di sekitar tanaman tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah.

Selain itu, pilihlah tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup untuk bunga kertas. Letakkan tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi atau sore dengan intensitas yang tidak terlalu kuat.

3. Memberikan nutrisi yang cukup pada bunga kertas

Bunga kertas membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Sobat Tani dapat memberikan pupuk organik atau pupuk khusus untuk tanaman berbunga sesuai petunjuk pada kemasan. Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan agar tidak memberikan terlalu banyak atau terlalu sedikit nutrisi pada tanaman.

Tips dan Trik Untuk Berhasil Melakukan Sambung Celah

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Sobat Tani dalam melakukan sambung celah pada bunga kertas secara berhasil:

1. Menggunakan teknik penyambungan yang benar

Pastikan Sobat Tani menggunakan teknik penyambungan yang benar saat melakukan sambung celah pada bunga kertas. Potong batang dengan sudut miring untuk memperluas permukaan kontak antara kedua bagian yang akan disambung. Selain itu, pastikan sambungan rapat dan kuat agar batang dapat menyatu dengan baik.

2. Menjaga kebersihan alat dan bahan yang digunakan

Sebelum melakukan sambung celah, pastikan alat dan bahan yang digunakan dalam kondisi bersih dan steril. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit atau infeksi pada tanaman. Bersihkan pisau atau alat yang digunakan dengan desinfektan sebelum digunakan dan hindari penggunaan alat yang sudah berkarat atau kotor.

Baca Juga :  Cara Stek Dengan Metode Sungkup Pada Tanaman Mirten

3. Mengamati bunga kertas secara rutin

Setelah melakukan sambung celah, perhatikan perkembangan bunga kertas secara rutin. Amati apakah ada tanda-tanda perubahan yang mengindikasikan keberhasilan penyambungan, seperti pertumbuhan tunas baru atau adanya tanda penyembuhan pada sambungan.

Jika terdapat masalah atau komplikasi, segera ambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Memberikan Perawatan Yang Tepat Pada Bunga Kertas

Pastikan Sobat Tani memberikan perawatan yang tepat pada bunga kertas. Hal ini meliputi penyiraman yang cukup, pemupukan yang sesuai, serta menjaga kebersihan dan kelembaban yang tepat di sekitar tanaman.

Perawatan yang baik akan membantu tanaman pulih dengan baik dan mempercepat proses penyembuhan sambungan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, hasiltani.id telah mempelajari cara sambung celah bunga kertas. Proses sambung celah adalah metode yang digunakan untuk menggabungkan dua batang bunga kertas agar membentuk satu bunga utuh. Metode ini memungkinkan kita untuk menciptakan bunga yang lebih besar dan lebih indah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Tani dapat berhasil melakukan sambung celah bunga kertas dan menciptakan bunga yang indah dan unik. Sobat Tani dapat menggunakan teknik ini untuk membuat hiasan dinding, dekorasi meja, atau bahkan hiasan untuk acara khusus seperti pernikahan atau pesta.

Selain itu, sambung celah bunga kertas juga dapat menjadi kegiatan kreatif yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman. Sobat Tani dapat berbagi ide dan teknik dengan orang lain, serta menjelajahi berbagai variasi dan desain bunga kertas yang menarik.

Dalam penutup, cara sambung celah bunga kertas adalah teknik yang menarik dan kreatif untuk menciptakan bunga kertas yang indah. Dengan sedikit latihan dan eksperimen, Sobat Tani dapat menguasai teknik ini dan menghasilkan karya seni yang memukau. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mengembangkan keterampilan Sobat Tani dalam seni bunga kertas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *