Lam Yahtalim Qoththu Thoha

Lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha dalam Arab, Latin dan Terjemahannya. Dalam dunia Islam, kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad Saw. memiliki tempat yang sangat istimewa dan dihormati.

Salah satu aspek yang menjadi fokus perhatian dalam pengagungan terhadap Nabi adalah keyakinan tentang kesucian serta kemuliaan beliau.

Salah satu ungkapan yang sering kali digunakan untuk menggambarkan hal ini adalah lirik yang terkenal, yaitu “Lam Yahtalim Qoththu Thoha.”

Dalam artikel ini, Hasiltani akan membahas makna mendalam dari lirik tersebut dalam bahasa Arab, beserta transliterasi dalam huruf Latin, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Kita akan menjelajahi setiap baris lirik ini untuk memahami nilai-nilai spiritual dan keyakinan yang terkandung di dalamnya.

Mari kita lanjutkan untuk mengeksplorasi pesan-pesan yang terkandung dalam lirik ini yang telah menjadi bagian penting dari warisan agama Islam.

Lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha

Berikut ini adalah kutipan teks lirik dari lagu “Lam Yahtalim”, yang mengungkapkan keyakinan bahwa Nabi Muhammad Saw. tidak pernah mengalami mimpi yang menghasilkan keluarnya sperma sama sekali, sepanjang hidupnya.

Dalam keyakinan ini, Nabi Muhammad Saw. dianggap sebagai figur suci yang dilindungi dari pengalaman tersebut.

Berikut adalah Lam Yahtalim Qoththu Thoha:

– Lam Yahtalim Qottu Thoha –

لم يحتلم قط طه مطلقا أبدا

Lam yahtalim qoththu Thôha muthlaqôn abadân

Nabi Muhammad Saw. tidak pernah mengalami mimpi buruk sepanjang hidupnya

وما تثاءب أصلا فی مدی الزمن

Wa mâ tatsâ-aba ashlân fî madâz-zamani

 Dan dia tidak pernah menguap selama-lamanya

Baca Juga :  Menyelami Makna Mendalam Lirik Qasidah Yartah Qolby

منه الدواب فلم تهرب ولم وقعت

Minhud-dawâbu falam tahrob walam waqo’at

Semua makhluk tunduk patuh kepada Nabi Saw

ذبابة أبدا فی جسمه الحسن

Dzubâbatun abadân fî jismihil hasani

Keindahan tubuhnya begitu mempesona sehingga bahkan seekor lalat pun tak berani mendarat di atasnya

بخلفه گأمام رؤية ثبتت

Bikholfihi ka amâmin ru’yatan tsabatat

Nabi Saw. memiliki kemampuan untuk melihat ke belakang dengan sejelas ketika melihat ke depan

ولا يری أثر بول منه فی علن

Wa lâ yurô atsru baulin minhu fî ‘alani

Tidak ada bekas yang tersisa ketika dia buang hajat

 

وقلبه لم ينم والعين قد نعست

Wa qolbuhu lam yanam wal ‘ainu qod na’asat

Hatinya selalu terjaga meskipun matanya terpejam, tanpa pernah tidur

 

ولا يری ظله فی الشمس ذو فطن

Wa lâ yurô dhillahu fîsy-syamsi dzû fathoni

Tidak ada bayangan yang tercipta saat dia berjalan di bawah sinar matahari

گتفاه قد علتا قوما إذا جلسوا

Katfâhu qod ‘alatâ qoumân idzâ jalasû

Pundaknya selalu lebih tinggi dari para sahabat

عند الولادة صف ياذا بمختتن

‘Indal wilâdati shif yâ dzâ bimukhtatani

Dia telah disunat sejak lahir ke dunia

 

هذه الخصائص فاحفظها تکن امنا

Hâdzihil khoshô-ishu fahfadh-hâ takun âminân

Inilah sepuluh kekhususan Nabi Saw. yang perlu kita ingat agar kita terhindar

 

من شر نار وسراق ومن محن

Min syarri nârin wa surrôqin wa min mihani

 .. dari api, pencuri, dan bencana…

Makna Lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha

Makna dari lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha ini adalah sebagai berikut:

  1. “لم يحتلم قط طه مطلقا أبدا” (Lam yahtalim qoththu Thôha muthlaqôn abadân) berarti “Nabi Muhammad Saw. tidak pernah mengalami mimpi buruk sepanjang hidupnya.” Lirik ini menggambarkan kemuliaan dan kesucian Nabi Muhammad Saw. serta keyakinan bahwa beliau terhindar dari pengalaman buruk semacam itu.
  2. “وما تثاءب أصلا فی مدی الزمن” (Wa mâ tatsâ-aba ashlân fî madâz-zamani) berarti “Dan dia tidak pernah menguap selama-lamanya.” Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw. tidak pernah merasa lelah atau mengantuk dalam hidupnya.
  3. “منه الدواب فلم تهرب ولم وقعت” (Minhud-dawâbu falam tahrob walam waqo’at) mengartikan bahwa “Semua makhluk tunduk patuh kepada Nabi Saw.” Hal ini mencerminkan penghormatan dan pengabdian makhluk kepada Nabi Muhammad Saw.
  4. “ذبابة أبدا فی جسمه الحسن” (Dzubâbatun abadân fî jismihil hasani) menggambarkan bahwa “Keindahan tubuhnya begitu mempesona sehingga bahkan seekor lalat pun tak berani mendarat di atasnya.” Ini menunjukkan keelokan dan kemuliaan fisik Nabi Muhammad Saw.
  5. “بخلفه گأمام رؤية ثبتت” (Bikholfihi ka amâmin ru’yatan tsabatat) mengartikan bahwa “Nabi Saw. memiliki kemampuan untuk melihat ke belakang dengan sejelas ketika melihat ke depan.” Ini menunjukkan pemahaman dan wawasan beliau yang luar biasa.
  6. “ولا يری أثر بول منه فی علن” (Wa lâ yurô atsru baulin minhu fî ‘alani) menjelaskan bahwa “Tidak ada bekas yang tersisa ketika dia buang hajat,” menunjukkan kesucian dan kemurnian beliau.
  7. “وقلبه لم ينم والعين قد نعست” (Wa qolbuhu lam yanam wal ‘ainu qod na’asat) berarti “Hatinya selalu terjaga meskipun matanya terpejam, tanpa pernah tidur,” menunjukkan keketahan spiritual Nabi Muhammad Saw.
  8. “ولا يری ظله فی الشمس ذو فطن” (Wa lâ yurô dhillahu fîsy-syamsi dzû fathoni) menjelaskan bahwa “Tidak ada bayangan yang tercipta saat dia berjalan di bawah sinar matahari,” menandakan kesucian beliau.
  9. “گتفاه قد علتا قوما إذا جلسوا” (Katfâhu qod ‘alatâ qoumân idzâ jalasû) menggambarkan bahwa “Pundaknya selalu lebih tinggi dari para sahabat,” menunjukkan kedudukan dan kehormatan beliau.
  10. “عند الولادة صف ياذا بمختتن” (‘Indal wilâdati shif yâ dzâ bimukhtatani) berarti “Dia telah disunat sejak lahir ke dunia,” menekankan kesucian sejak kelahirannya.
Baca Juga :  Lirik Lagu Kotabaru Gunungnya Bamega oleh Paris Barantai

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lam Yahtalim Qoththu Thoha.

Hasiltani telah menjelaskan makna dari lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha dalam bahasa Arab dan memberikan transliterasi dalam huruf Latin.

Lirik ini memiliki makna penting dalam keyakinan Islam, menggambarkan kemuliaan dan kesucian Nabi Muhammad Saw. sebagai figur yang dianggap suci dalam agama tersebut.

Dengan pemahaman ini, kita dapat lebih menghargai kekhususan dan keagungan Nabi Muhammad Saw. dalam pandangan umat Islam.

Terimakasih telah membaca artikel Lam Yahtalim Qoththu Thoha ini, semoga informasi mengenai Lam Yahtalim Qoththu Thoha ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *