Keris Sempana Carita Lurus

Hanya ada dua bilah Keris Sempana Carita Lurus atau Bener

Diposting pada

Hasiltani.id – Hanya ada dua bilah Keris Sempana Carita Lurus atau Bener. Mengapa senjata ini tidak lagi diproduksi?. Pada masa lalu, senjata tajam bernama Keris Sempana Carita Lurus memiliki peran sentral dalam sejarah Indonesia, terutama di tanah Jawa dan Banjar.

Keris ini bukan hanya sekadar senjata, melainkan juga mengandung makna budaya dan kearifan lokal yang sangat berharga.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai Keris Sempana Carita Lurus, mengungkap sejarahnya yang kaya, simbolisme yang melekat padanya, dan peran pentingnya dalam warisan budaya Indonesia.

Mari kita telusuri lebih jauh tentang senjata yang begitu istimewa ini dan bagaimana pengaruhnya terus terasa hingga saat ini.

Keris Sempana Carita Lurus

Dalam pembahasan Keris Sempana Carita Lurus, di masa lalu keris memiliki peran utama sebagai senjata, terutama pada masa peperangan. Namun, dalam zaman yang lebih modern, fungsi keris telah berubah.

Kini, keris lebih sering dijadikan hiasan atau aksesori dalam pakaian, menjadi simbol budaya, dan bahkan menjadi objek bernilai tinggi yang dicari oleh para kolektor.

Meskipun literatur sering menyebut bahwa keris berasal dari Tanah Jawa, sejarahnya juga mencakup wilayah lain, termasuk Tanah Banjar.

Di antara banyak jenis keris, masyarakat Banua (Banjar) sering mendengar tentang Keris Singkir, yang sangat terkenal saat masa perjuangan melawan penjajah Belanda.

Awalnya, keris ini dimiliki oleh Pangeran Hidayatullah, kemudian diwariskan kepada Demang Lehman, dan saat ini keris tersebut disimpan di Museum Nasional Indonesia.

Selain Keris Singkir, terdapat juga jenis keris lain yang terkenal, yaitu Keris Sampana Carita. Namun, mengenai bentuk aslinya, tidak ada yang tahu dengan pasti karena terdapat berbagai versi mengenai keris ini.

Baca Juga :  Mengungkap Misteri Sejarah dan Keampuhan Pedang Luwuk

Ada yang mengatakan keris ini berbentuk lurus, sementara yang lain menyebutkan bentuknya berkelok.

Dalam cerita dan legenda masyarakat Banjar, Keris Sempana Carita Lurus pernah menjadi senjata andalan yang sering digunakan oleh Datu Pambalah Batung.

Datu ini terkenal sebagai tokoh yang sangat pandai dalam diplomasi dan ahli dalam seni bela diri.

Cerita serupa juga disampaikan oleh seorang empu, seorang ahli dalam pembuatan keris di Banjarmasin bernama M. Amin.

Menurutnya, menurut legenda yang berkembang di Tanah Banjar, siapa pun yang memiliki Keris Sampana Carita akan memiliki keahlian khusus dalam berbicara.

Selain itu, Keris Sampana Carita juga dianggap memiliki tuah atau sifat yang disebut “dingin”, yang berarti pemiliknya cenderung tenang dan tidak mudah terpancing emosi.

Mengapa Keris Sampana Carita ini tidak lagi diproduksi?

Keris Sampana Carita lurus yang asli merupakan sebuah senjata tajam yang berasal dari zaman Majapahit, dan senjata ini memiliki sejarah yang kaya.

Senjata ini pernah dipegang oleh seorang tokoh bernama Wali Qutbul Akwan, yang juga dikenal dengan sebutan Ganjil Raja, Abah Guru Sekumpul.

Namun, mengapa senjata berharga ini tidak lagi diproduksi di Jawa, wilayah yang dahulu merupakan markas besar Majapahit? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang muncul dan menyimpan dugaan tertentu.

Menurut Muhibbin Abah Guru Sekumpul, seorang tokoh asal Jawa bernama Ahmad Yayak, Keris Sampana Carita yang asli sangat langka di Tanah Jawa. Yang lebih umum ditemukan adalah senjata seperti Pandawa Carita dan Carita Luk 7, kadang-kadang bahkan dengan 9 luk.

Ahmad Yayak hanya menemukan dua buah Keris Sampana Carita yang masih ada. Yang pertama, sebuah keris yang sudah sangat tua dan bersejarah di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Rahasia Tersembunyi Filosofi dan Tuah Pamor Keris Tirto Tumetes

Yang kedua, berada di Cirebon, Jawa Barat, dan kemungkinan besar dibuat setelah masa kemerdekaan Indonesia.

“Mungkin alasan mengapa Keris Sampana Carita tidak lagi diproduksi adalah karena senjata ini dianggap memiliki kekuatan untuk melumpuhkan ilmu kebal, ilmu santet, dan ilmu pesugihan,” ujar Ahmad.

Sementara itu, masyarakat Jawa ada yang telah menjauh dari ajaran Islam dan lebih tertarik pada praktik ilmu hitam, terutama terkait dengan pesugihan dan upaya untuk meningkatkan keberuntungan secara tidak sah.

Mungkin karena itu, keinginan untuk memiliki pusaka yang dapat melindungi dari ilmu hitam telah berkurang, dan inilah salah satu alasan mengapa produksi Keris Sampana Carita telah berhenti.

Senjata ini mungkin telah kehilangan daya tariknya di tengah perubahan budaya dan kepercayaan masyarakat Jawa.

Jika benar-benar Keris Sampana Carita telah punah di Tanah Jawa, bisa jadi itu menandakan era yang berbeda di mana Tanah Jawa mulai terselimuti oleh praktik ilmu hitam.

Sementara itu, menurut pecinta keris di masyarakat Banjar, proses menempa Keris Sampana Carita merupakan tugas yang sangat sulit dan berisiko.

Tidak boleh sembarangan, karena kesalahan dalam proses pembuatan dapat berakibat pada kutukan atau tulah.

Itulah sebabnya mengapa Keris Sampana Carita di Banjar juga memiliki ketersediaan yang terbatas, tidak banyak yang berhasil dibuat.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Keris Sempana Carita Lurus.

Keris Sempana Carita Lurus, dengan sejarahnya yang kaya dan makna budayanya yang mendalam, telah menjadi lambang kearifan lokal dan warisan Indonesia yang tak ternilai.

Baca Juga :  Mengungkap Filosofi dan Tuah Keris Singo Barong

Meskipun saat ini mungkin terbatas dalam jumlahnya, senjata ini tetap hidup dalam kisah-kisah lisan dan budaya masyarakat.

Keindahan dan kehebatan Keris Sempana Carita Lurus bukan hanya dalam bentuk fisiknya, melainkan juga dalam warisan spiritual dan filosofis yang mengiringinya.

Sebagai bagian dari budaya Indonesia yang begitu kaya, Keris Sempana Carita Lurus mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga dan menghargai warisan nenek moyang kita.

Dengan demikian, semoga senjata ini akan terus menjadi simbol kebanggaan dan kekayaan budaya Indonesia yang akan terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi-generasi mendatang.

Terima aksih telah membaca artikel Keris Sempana Carita Lurus ini, semoga informasi mengenai Keris Sempana Carita Lurus ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *