Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas

Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas

Diposting pada

Hasiltani.id – Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas – Panduan Lengkap.Dalam dunia katuranggan Perkutut, terdapat berbagai jenis burung yang menarik perhatian para pecinta burung dan penikmat alam.

Dua di antara jenis tersebut, yaitu Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, memiliki ciri-ciri yang tampak serupa namun membawa makna dan tuah yang berbeda.

Tidak hanya sekadar burung peliharaan, keduanya mengandung filosofi yang dalam dan memberikan pandangan berharga tentang kepemimpinan, keadilan, dan keseimbangan dalam kehidupan.

Mari kita telusuri lebih jauh mengenai Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, baik dari segi fisik maupun nilai-nilai yang mereka simbolkan.

Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas

Dalam katalog yang merincikan berbagai jenis katuranggan Perkutut, terdapat beberapa varian katuranggan yang memiliki kemiripan yang mencolok.

Sebagai contoh, ada dua jenis Perkutut yang memiliki kesamaan dalam ciri-cirinya, yakni Perkutut katuranggan Buntel Mayit dan Perkutut katuranggan Traju Mas.

Salah satu ciri yang mencolok pada keduanya adalah adanya bulu-bulu besar berwarna putih pada sayapnya.

Perkutut katuranggan Buntel Mayit memiliki ciri khusus berupa satu helai bulu besar berwarna putih yang terletak pada salah satu sayapnya.

Sementara itu, Perkutut katuranggan Traju Mas memiliki ciri yang sedikit berbeda, yaitu terdapat bulu-bulu besar berwarna putih yang muncul di kedua sayapnya.

Makna Filosofi dan Keberuntungan

Dalam Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, perbedaan diatas tidak hanya terletak pada ciri fisik semata, melainkan juga meliputi makna filosofis dan keberuntungan yang berbeda.

Baca Juga :  Manfaat Burung Maleo bagi Lingkungan dan Masyarakat Sulawesi

Perkutut katuranggan Buntel Mayit kerap dihindari oleh banyak penggemar burung Perkutut, yang percaya bahwa burung ini membawa nasib buruk.

Pandangan ini muncul karena nama “Buntel Mayit” terkait erat dengan konsep kematian, karena secara harfiah berarti “pembungkus mayat.”

Akan tetapi, pemahaman ini sebenarnya keliru, karena seharusnya namanya adalah “Buntel Mayat” yang artinya adalah “bungkus miring.”

Akibat kesalahpahaman mengenai nama ini, banyak orang yang enggan memelihara Perkutut katuranggan Buntel Mayit karena takut akan mendatangkan bencana.

Padahal, sebenarnya burung ini memiliki tuah atau energi yang dipercaya dapat meningkatkan derajat pemiliknya serta melindungi dari kemalangan.

Meskipun begitu, burung ini memiliki sifat yang selektif dalam pemilihan pemiliknya, sehingga tidak semua orang cocok untuk merawatnya.

Di sisi lain, Perkutut katuranggan Traju Mas melambangkan konsep keadilan dan kebijaksanaan.

Mereka menjadi simbol untuk membimbing pemiliknya agar menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam segala aspek kehidupan dan memperlakukan semua hal dengan keseimbangan yang tepat. Konsep ini tergambar dari makna nama “Traju Mas,” yang secara harfiah berarti “Timbangan Emas,” menggambarkan simbol timbangan (keadilan) dan emas (kemuliaan).

Perkutut katuranggan Traju Mas dipercaya memiliki tuah untuk memperkuat kewibawaan dan mendatangkan kemuliaan.

Burung ini juga dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Meskipun demikian, seperti Perkutut katuranggan Buntel Mayit, burung ini juga memiliki sifat yang pemilih dan sebaiknya dipelihara oleh seorang pemimpin.

Pemeliharaannya dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kewibawaan dan karisma seorang pemimpin, sekaligus mengingatkan bahwa keadilan, kebijaksanaan, dan perhatian terhadap yang dipimpin merupakan aspek yang penting dalam memelihara kehormatan dan kemuliaan.

Ciri-ciri Fisik Perkutut Buntel Mayit

Dalam Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, Perkutut buntel mayit (Geopelia striata) merupakan salah satu jenis burung perkutut yang memiliki ciri-ciri fisik khas.

Baca Juga :  Manfaat Burung Cendrawasih di Nusantara

Berikut adalah beberapa ciri utama dari perkutut buntel mayit:

  1. Ukuran dan Bentuk Tubuh: Perkutut buntel mayit memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 20 cm. Bentuk tubuhnya cenderung ramping dan elegan, dengan leher yang proporsional.
  2. Warna Bulu: Bulu perkutut buntel mayit umumnya didominasi oleh warna abu-abu dan cokelat di bagian punggung, sisi tubuh, dan sayap. Bagian dada biasanya memiliki warna lebih terang.
  3. Ekspresi Wajah: Salah satu ciri khas perkutut buntel mayit adalah ekspresi wajahnya yang lembut dan ramah. Matanya berukuran besar dan bulat.

Ciri-ciri Fisik Perkutut Traju Mas

Dalam Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, perkutut traju mas (Geopelia maugeus) juga memiliki ciri-ciri fisik yang membedakannya.

Berikut adalah beberapa ciri utama dari perkutut traju mas:

  1. Ukuran dan Bentuk Tubuh: Perkutut traju mas memiliki tubuh yang hampir serupa dengan perkutut buntel mayit, yakni sekitar 19-21 cm. Postur tubuhnya tegap dan proporsional.
  2. Warna Bulu: Bulu perkutut traju mas memiliki warna cokelat keemasan yang mencolok pada bagian punggung, sayap, dan ekor. Bagian dada cenderung lebih terang dengan warna putih kekuningan.
  3. Ekspresi Wajah: Perkutut traju mas memiliki ekspresi wajah yang tajam dan penuh percaya diri. Matanya berukuran sedang dan berbentuk oval.

Perbedaan Suara Kicauan

Dalam Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas, salah satu aspek yang membedakan kedua jenis perkutut ini adalah suara kicauannya:

  • Perkutut Buntel Mayit: Kicauan perkutut buntel mayit cenderung lebih lembut dan merdu. Bunyinya sering diibaratkan seperti “kuruuuuk-kurukuruk” dengan irama yang halus.
  • Perkutut Traju Mas: Perkutut traju mas memiliki suara kicauan yang lebih kuat dan nyaring. Bunyi kicauannya terdengar seperti “truju-mas, truju-mas” dengan nada yang berulang-ulang.
Baca Juga :  Jenis-Jenis dan Manfaat Burung Bubut 

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas.

Perbedaan yang tampak jelas antara Perkutut katuranggan Buntel Mayit dan Perkutut katuranggan Traju Mas tidak hanya terletak pada penampilan fisik mereka, melainkan juga dalam makna filosofi dan tuah yang mereka bawa.

Meskipun keduanya memiliki bulu besar berwarna putih pada sayapnya, makna dan keberuntungan yang mereka simbolkan sangatlah berbeda.

Perkutut katuranggan Buntel Mayit, meskipun sering dihindari oleh banyak orang karena kesalahpahaman mengenai namanya, sebenarnya memiliki tuah yang membawa kewibawaan dan tolak bala bagi pemiliknya. Namun, sifat pemilih burung ini membuatnya cocok hanya untuk pemilik yang tepat.

Di sisi lain, Perkutut katuranggan Traju Mas melambangkan keadilan, kebijaksanaan, dan keberuntungan.

Burung ini menjadi simbol bagi pemimpin yang adil dan bijaksana, mengajarkan bahwa untuk memperoleh kemuliaan dan kewibawaan, perlunya keseimbangan dalam tindakan.

Meskipun juga memiliki sifat yang pemilih, Perkutut ini menjadi sahabat yang tepat bagi mereka yang berada dalam posisi kepemimpinan.

Terima kasih telah membaca artikel Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas ini, semoga informasi mengenai Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *